Diposkan pada PERASAANKU HARI INI

MEN IN BLACK


 

Beberapa malam yang lalu aku nonton filem layar emas di Trans TV.  Judulnya Men In Black … Will Smith dan Tommy Lee Jones ? …. Hmmm aku jadi ingat Kantor … !!!  Apa pasal ???

 

“Men in Black” adalah sebutan kami untuk para “dewa”.  Jajaran Komisaris, Direktur-direktur dan juga orang-orang dengan jabatan yang (amat) tinggi … baik yang Inlander maupun yang Bhuwley … baik pria maupun wanita … kita sebut mereka sebagai “Men In Black” or “Women in Black” … Kenapa disebut begitu … karena mereka semua berseragam Hitam – Hitam … (layaknya Jawara silat).   Men In Black sebutan untuk mereka jika kami dalam keadaan normal.  Tetapi jika suasana hati sedang tidak baik, sebutan itu ujuk-ujuk berubah menjadi “Ninja”.  Dan kalau sudah pol-polan sebelnya … banyak juga dari kita yang menyebut mereka dengan nick name … “Bleki” (hehehe). 

Ya konteksnya kira-kira gini …

“Woi … Men In Black udah setuju kita akan gathering di Bali …” (ini berita bagus …)

“Aduh pusing nih … gua dipanggil ama “ninja” lagi kemaren …”(ini rada-rada up-set)

“Ah dodol bener … target kita dinaikin lagi ama “Bleki” … (yang ini super sebel)

 

Memang kita semua ke kantor memakai seragam.  Ada dua macam warna seragam yang berlaku di perusahaan kami.  Yaitu “Men/Women in Black” tadi DAN “Seragam Beige lengan pendek” (seperti kantor kelurahan) untuk jabatan yang lainnya.  Senior Managers, Managers, Associate Managers, Executive, Analist, Sekretaris, Admin Clerk sampai dengan Kurir yang terendah semua disamakan seragamnya.  Baik pria maupun wanita. (untuk wanita yang berpakaian muslim khusus disediakan seragam yang berlengan panjang). 

(Sementara itu Office Boy/Office helper/Satpam dan Petugas Kantin yang dikelola oleh supplier jasa pihak ke tiga juga berseragam sesuai dengan perusahaan masing-masing). 

Yang jelas Pake Baju Bebas ?? … No Way !!!

 

Seragam Beige kami itu wajib hukumnya … dipakai setiap hari tanpa kecuali.  Yang idihnya adalah … kami lebih mirip reklame berjalan.  Seragam itu Banyak logonya bouw.  Tidak cukup satu logo, baju seragam kami itu multy logo.  Di lengan kanan, di dada kiri, di dada kanan bahkan sampai di punggung belakang … Full Branding pren !!!. (addooohhh …)

 

Akibatnya kami tidak bisa petantang-petenteng, bolos, jalan-jalan bebas ke Mall / Bioskop / Dept store / Food Court yang ada di lantai bawah yang menyatu dengan kantor kami.  Jadi jika kami ingin jalan-jalan sore, ngafe’ atau nonton sepulang kantor … pasti membawa pakaian ganti … (atau jaket untuk menutup semua logo-logo tersebut …).

 

Meskipun begitu karyawan tidak kehabisan akal … jika ada Special Event (entah musik atau olah raga) yang disponsori oleh perusahaan kami, di hari tersebut …  mereka punya alasan untuk tidak memakai seragam hari itu … sebagai gantinya mereka memakai Kaos Promosi acara tersebut plus bawahan jeans / rok yang modis tentunya … Tapi Ini hanya berlaku untuk mereka yang berhubungan kerja langsung dengan pelaksanaan Event itu.  Yaitu tim Special Event, Tim Brand Management, Tim Kreatif, Tim Media dan juga Tim Public relation … sementara untuk tim Training and Development seperti saya, ya tetap saja  … Baju Beige lagi …. Baju Beige lagi … (hawong ndak berhubungan langsung dengan acara itu jeh).(mosok mau ngaku-ngaku sibuk).

 

Sebetulnya pakai seragam itu ada banyak keuntungan.  Kami tidak perlu keluar budget tambahan untuk membeli busana kerja dan accesoriesnya.  Tiap pagi … kami pun tidak direpotkan dan kebingungan memilih pakaian apa yang akan kami pakai hari itu.  (Tidak perlu mematching-matchingkan warna “tadah iler” dengan kemeja yang kita pakai ) …  Dan satu lagi … orang luar akan sulit membedakan mana Manager mana Kurir.  Mana Mayjen mana Kopral ..!!.  (seperti saya misalnya … jabatan boleh “Sersan” tapi … tongkrongan tetap “Brigjen” … ). (ndak ada yang tau kan ?) 🙂

 

Kelemahannya … Ike nggak bisa “Modis” en “Bergaya” bouuuwww … sekali Beige tetep Beige …

 

(Ini judul sebenernya adalah … Si Trainer … The Man in Beige …)( … Sersan yang bertongkrongan Brigjen …) 🙂

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

13 tanggapan untuk “MEN IN BLACK

  1. bleki?!?!?!
    kaya nama anjing tetangga sayah…
    bapak kapan jadi bleki???

    nh18 to onta …
    ya begitu lah …
    kapan jadi bleki ??? wah masi jauuuhhh …
    hehehe …

  2. betul bos
    seragam bikin perbedaan terminimalisir
    dan lagi, ga perlu sering-sering ganti baju dan akhirnya ngiit cucian 🙂

    nh18 to achoey …
    Hai choey apa kabar nih … OK kan ???
    Iya ni choey … terminimalisir …
    Dan enjoy tidak perlu pusing setiap hari …
    kalo kita gak ganti baju … kagak ada yang tau …
    cuma mungkin “aroma” saja yang sedikit aneh …
    OK Choey … baik-baik saja kan …???

  3. Beugh.. saya taunya Pembalap…
    PEMuda berBAdan geLAP 😆
    *lareeeeeeeeeeeeeeee*

    nh18 to menyik …
    *keeejjjaaaaaarrrr … sampe ke the Jungle …*)

  4. jatah tiap karyawan berapa biji, bos?
    kalau lebih bagi ke saya, ya.
    suer…saya nggak pernah nolak.
    nggak sombong, kan?

    nh18 to abang ..
    Huahahaha si abang ni ada-ada aja …

  5. MiB jadi kaya pak Permadi yg anggota DPR kah?
    Trus kalo yg MiB apa ya ada tempelan2 sponsornya ya?
    🙂

    nh18 to iboed …
    Halo mas salam kenal ya …
    Noup MiB kagak pake logo … (curang yah !!!??)

  6. buat saya malah lebih nyaman pake seragam gitu, daripada pakaian bebas kemeja lengan panjang plus dasi. walah bukan gw banget, tapi mau gemana lagih. it can’t be helped. nikmati aja pak…!

    nh18 to ipk …
    ya betul dik …
    Kita nikmatin saja lah …
    Pokoknya kitamah asik-asik ajah …
    ya nggak coy … pis …

  7. wagh..gelep dong klo mati lampu 🙂

    nh18 to ocha
    hehehe …
    (eh btw aku kok gak bisa ngelink ke tempat ochta ya ??)

  8. akoe juga pake seragam
    sebenarnya iya juga sih kalow pake seragam
    Qta gak usah mikirin mo pake baju apah
    tapi akoe gak suka pake seragam hari Senin
    it’s hot (alias panas)
    sukanya pake baju batik ma baju muslim bebas kalow hari Jumat
    lho kok jadi ikut curhat ya?
    gpp gituh?
    heheh

    nh18 to wanoja …
    gpp lagee …
    (menyimak dengan serius)

  9. dullluuuuuuu sekali di kantor saya, pakai seragam jas dan bawahan warna ijo, sesuai dengan nama kantor *tebak, tebak*
    tapi sekarang, baju seragam ditiadakan, dan mulai fashion show dengan baju koleksi pribadi.
    ada enak dan ga enaknya juga.
    Enaknya…bisa kreatif.
    Ga enaknya… kalau koleksi baju terbatas dan pake baju itu2 terus, akhirnya membuat iba orang lain yang melihat dan bikin mereka berlomba2 bikin baksos buat kita.. *sumpah, bercanda..wekekekeke… *
    tapi tetep… menurut saya, lebih enakan pakai seragam deh. Biar ga repot padu padan.. biar ga sungkan kalau bajunya sudah dilabelin SENIN s/d JUMAT 🙂

  10. Akibatnya kami tidak bisa petantang-petenteng, bolos, jalan-jalan bebas ke Mall / Bioskop / Dept store / Food Court yang ada di lantai bawah yang menyatu dengan kantor kami.

    Yg Penting Bisa NgeBlog + Nyanyi Pak..
    jadi saya ada yang ngganti. capek nyanyi terus…

    nh18 to mas joko …
    uuupppoommoo sliramuuu ..
    (tetap bernyanyi … menggantikan Mas Joko …)

  11. Akibatnya kami tidak bisa petantang-petenteng, bolos, jalan-jalan bebas ke Mall / Bioskop / Dept store / Food Court yang ada di lantai bawah yang menyatu dengan kantor kami.

    Yg Penting Bisa NgeBlog + Nyanyi Pak..
    jadi saya ada yang ngganti. capek nyanyi terus…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s