PMR DAN TLUP


.

Palang Merah Remaja dan Tata Laksana Upacara.
Ini nama dua kegiatan ekstra kurikuler yang Trainer ikuti, … ketika dulu Sekolah di suatu SMA di Jalan Bulungan Jakarta Selatan (1979 – 1982). 

Mengapa saya memilih kedua Ekskul tersebut ?
Karena anggota PMR dan anggota TLUP itu mempunyai semacam “privilege”.  Semacam dispensasi dari sekolah.

Mau tau keistimewaan anggota PMR dan TLUP ?
Jadi ceritanya, … dulu itu ada kewajiban untuk melakukan Upacara setiap hari Senin Pagi.  Nah anak-anak PMR dan TLUP ini jarang ada yang berbaris bersama teman-teman sekelasnya.  Dan para Guru pasti sangat memakluminya.

Kok bisa begitu ?
Sebab saat Upacara itu … anak – anak anggota PMR / TLUP itu mempunyai dua kemungkinan.  Kemungkinan yang pertama, mereka bertugas di depan sebagai Petugas Upacara … Entah Komandan Upacara, Pengerek Bendera atau Pembaca naskah Pembukaan UUD 45 dan sebagainya
Kemungkinan yang kedua  adalah … bertugas di belakang … Sebagai Anggota PMR.
Asik … bisa jelalatan … bisa jalan-jalan … santai … ngadem …
Hahahaha …

Dan entah kebetulan atau bagaimana … Anggota PMR dan Anggota TLUP biasanya hampir sama.  Seorang siswa yang ambil ekskul PMR pasti juga otomatis ikut TLUP.  Demikian sebaliknya … sehingga anggotanya pun itu – itu saja.

Mengapa ujuk-ujuk saya memposting mengenai ini ?
Karena Trainer habis reunian anggota PMR dan TLUP. hahaha …

Minggu, 26 Desember 2010
Trainer reunian dengan sesama anggota PMR dan TLUP jaman SMA dulu.
Sayang sekali hari minggu kemarin itu tidak banyak yang datang.  Dari angkatan saya saja hanya 4 orang yang datang … sisanya dari angkatan kakak dan adik kelas.
Menyenangkan sekali baku cerita pengalaman-pengalaman manis – lucu – heroik – juga bahkan cerita konyol masa lalu. 

Pengalaman “panas bin tegang” di depan ketika bertugas sebagai Petugas Upacara … dan 
Pengalaman “ngadem wal santai” di belakang … sebagai Anggota PMR.

BTW :
Sodara-sodara sekalian …
Ketika Jaman SMP – SMA dulu … Kegiatan Ekstra Kurikuler apakah yang anda ikuti ?

Pertanyaan ini sebenarnya pernah saya lontarkan dulu …
tetapi tak apalah saya lontarkan kembali untuk para pembaca yang baru …
.

43 thoughts on “PMR DAN TLUP

  1. jangan-jangan om nh satu almamater dengan saya om…..
    SMP:…ga ikut yang formal…tapi ada kumpul2 sesama penggemar elektronika
    SMA: Vocal Group, Paduan Suara, Bola Volley, Bola Basket, Karya Ilmiah Remaja (SKIR), ikut TLUP tapi cuma awal2nya doank…karena susah bagi waktunya,. ikut PMR non formal alias nongkrongnya aja sama anak PMR….hehehehe

  2. saya dulu ikut PBB..pasukan baris berbaris..
    mungkin sama ya dengan tata laksana upacara.
    kemudian saya juga aktif di OSIS.

    alasan memilih kedua kegiatan eskul itu mungkin juga hampir sama dgn bapak ya..
    di dua eskul itu kita memiliki hak ekslusif untuk meninggalkan kelas untuk kepeluan kegiatan tersebut. contohnya saat ada salah satu keluarga atau orang tua siswa ada yang meninggal. saya sbg petugas osis, bisa keluar kelas untuk menyebarkan “kotak kencleng” untuk bantuan ke keluarga duka.. makanya saya juga bisa keluar kelas. jalan2 ke kelas lain😀
    klo kegiatan PBB, setiap selesai upacara kita diperbolehkan tidak langsung masuk ke kelas.. sampe jam istirahat.. hehehe.. itu klo mau..klo mau lgs masuk kelas juga bisa…

    makasih..

    1. Ya …
      Di beberapa SMA … dan juga sebelumnya … kami juga menamakannya PBB …
      cuma kemudian … setelah ada beberapa kader yang latihan di Jakarta Selatan …, nama ekskulnya berganti TLUP

      salam saya

  3. Pramuka dan pramuka, itu yang saya ikuti waktu SMP juga SMEA. Entah karena suka atau memang satu-satunya yang saya suka. Hehehee….berarti saya suka pramuka ya? Baru nyadar sekarang. Gubrak!

    1. Ya …
      Di tempat saya juga latihannya setiap Hari Minggu …
      Cuma TLUP saja yang latihan pulang sekolah …
      (saya lupa harinya … Kamis kalo ndak salah)

      salam saya Wan

  4. Saya emang termasuk pembaca baru Om…

    Saat SMP dan SMA saya aktif di Pramuka dan PMR yang mengajarkan saya lbh banyak tentang kemandirian, meski saya harus tetap menerima kenyataan kalau kadang fisik saya nggak sekuat keinginan saya untuk aktif dan tak sebesar semangat saya…

    Tapi, so far..saya cukup di kenal karena hampir semua ekstra diikutin, heeeee
    Maklum Om..type pembosan dan ingin tahu serta coba-cobanya tinggi…

  5. PMR waktu smp om… cuma kalo pas kebagian kelas saya jadi petugas upacara, saya jadi tukang tiup recorder, wkakakakakak…. (selain petugas, anak kelas yang tersisa, main musik), saya baru tau ada TLUP, karena petugas upacara selalu bergiliran dari kelas-ke kelas…. sebagai PMR, iya, saya juga suka jaga di belakang, pake slayer biru😀

    Pramuka, mading, KIR waktu SMA…😀 Bosen kali ya PMR….

  6. Kalau saya dulu ga pernah ikuta2an yang begitu Pak NH…tapi saya mengikuti kegiatan anak saya di PMR, TLUP, Dokter Kecil yang selalu bertugas disetiap upacara di sekolahnya terutama hari senin…

    1. Anak-anak saya ndak ada yang ikut PMR dan TLUP kayak Ayahnya Uda …
      hehehe … Dan lagi … saya heran di sekolah anak saya kok ndak ada kegiatan PMR ya ? padahal asik lho …
      mungkin jaman sudah berubah

      Salam saya Uda

  7. Si bungsu saat di SMA 70 juga ikut PMR…justru karena itu, saya pikir dia ingin meneruskan kuliah di kedokteran, ternyata malah inginnya ke teknik.

    Dia cerita, bagaimana saat mau menjadi anggota PMR, di ospek dulu..antara lain diajak jalan-jalan ke ruang jenazah RSCM, lampunya digelapkan. Rupanya teman-temannya serem juga, tapi si bungsu biasa berpikir logis, semakin lama semakin senewen, jadi dia langsung maju…membaca doa dulu. Pas ada jenazah dilihat ada kartu, maklum masuknya bawa lilin ..ehh pas dilihat bukan kartu kelulusan PMR tapi kartu kematian. Jalan lagi, ngulik jenazah lagi..ehh lihat lubang di dahi bekas tembakan. Syukurlah akhirnya menemukan kartu kelulusan diantara jenazah tadi. Sereem ya..tapi saya salut sama si bungsu…kalau saya, mungkin langsung lari..balik kucing…

    Ekskul saat SMA? Rasanya dulu belum ada PMR, teman-teman ada yang ikut olah raga..dan saya …menari…hahaha…yang mudah dan gaya kan kalau dipanggung…hahaha

  8. kek nya tahu deh SMA di bulungan yang tersohor itu
    (hahahahhaa,)
    soalnya waktu SMP aku mau sekolah di situ oom biar jadi anak gaul gitu
    (lagi – lagi : hahahahahahhaaa….)
    untunglah gak jadi, jadinya aku sekolah di purwokerto, jadi bisa ikut ekskul Pramuka
    ho oh.. kek nya di Jakarta gak ada yah ekskul Pramuka
    *sok tahu*
    pas SMP aku ikut teater, merpati putih,
    karena aku anak OSIS, jadi ga bisa ikut banyak – banyak, takut ga bisa bagi waktu
    nahh pas SMA, selaen pramuka, aku ikut basket (tapi cabut gara – gara aku dicoret dari tim inti. hihihihi). terus.. ikut majalah dinding sekolah juga.

  9. Di SMP, ada Drumband, Volly, Sepak Bola, Pramuka, OSIS

    SMA, ikutan Volly, OSIS dan MPK, Paskibra Sekolah, sampai terpilih jadi Paskibraka mewakili Jakarta Pusat

    saya tukang ikutan ekskul Oom, banci ekskul. hehhee…🙂

  10. jaman SMP ikut pramuka om. plg hoby acara hiking krn jln2 masuk keluar hutan ma Persami (perkemahan Sabtu Minggu).
    pas SMA msuk KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) isinya sok2 blajar neliti om. pdhl yg diincer jg jalan2nya bs ke bukit, hutan, danau, rawa, pantai dll, dg alesan ambil sampel… teteup ya….nyalurin hoby jalan jg

  11. kalau saya dulu ikut Pramuka, enaknya bisa hiking keluar, trus camping

    yang paling menyenangkan itu waktu jadi senior, bisa nyuruh-nyuruh apa aja sama yunior. beneran kalo yang ini balas dendam… wkwkwkwk

  12. kalo SMP ikut patroli keamanan sekolah, pramuka, osis ama elektro arus lemah.
    tapi waktu SMA lebih feminim dikit ikut karawitan ama paduan suara, pokoknya yang gemulai-gemulai deh om T…:)

  13. sembarang ikutan om….

    baru nyadar ternyata sok sibuk dari kecil, meski kadang diawali dengan pemaksaan yg pernah sy ceritakan dulu di http://yudhistira31.wordpress.com/2010/05/19/saya-dipaksa/ sama di http://yudhistira31.wordpress.com/2010/05/24/drumband/

    yg belum dicritain..basket, renang, OSIS, Pramuka, Pecinta Alam, Band (punya band cewek lo om),tata boga

    yg menyakitkan hati : saya ditolak ikutan Paskibra…gara2 badan saya ga tegap…dah gitu beratnya kurang…ga tanggung2 kurangnya 10 kg…hahaha (itu dulu lo ya…sekarang kelebihan sampe 30 kg)

  14. Waktu SMP saya ikut volley ball Oom, setelah kelas 3 jadi pemain inti. SMP Negeri I sangat ngeTop waktu itu, kami seringkali menang tanding. Bangga lho.
    Hobby main Volley dan menjadi pemain inti berlanjut ketika tingkat IV Akabri, pemain inti di Seskoad bersama pak SBY dan tentu juga pemain inti di kesatuan sendiri.

    Kalau jadi TLU waktu tingkat III-IV di Magelang karena kebetulan saya menjabat Kasu III/ Divisi Korps Taruna.

    Sekarang menjabat Komandan BlogCamp Group yang kerjanya menggelar kontes dan kuis.

    salam hangat dari Surabaya

  15. Kok TLUP sih Om?
    jaman aku mah Paskibra kali ya,..

    SMA aku ikut Paskibra Om,..
    pertamanya mah gara gara ngeceng akang senior yang ganteng..hihihi…
    tapi kerjanya disuruh lari keliling lapangan terus tuh,…
    sampai2 kulitku menjadi eksotis…hihihi…item maksudnyah…

  16. Masa sekolah menengah, saya sempat ikut Pramuka dan Pencinta Alam…karena memang sangat senang sekali bisa ikut hicking, berkemah dan mendaki gunung, bisa bersahabat dengan alam semesta ini.
    SALAM Hangat dari Kendari…. 🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s