TEPAR


Terkapar … gak bisa bangun dari tempat tidur karena sakit. 

Aku masih ingat satu peristiwa ”Tepar” ku yang tidak bisa aku lupakan sampai sekarang.  Kejadiannya tahun 1986, pas aku mau berangkat KKN ke Desa.  Sebuah program wajib untuk syarat kelulusan kesarjanaanku.  Satu hari sebelum berangkat KKN aku jatuh sakit. 

 

Badanku panas.  Nggreges.  Batuk berat.  Persendianku pegal-pegal dan linu.   Mungkin karena kecapean.  Pada hari H saat berangkat pun aku masih terkapar di tempat tidur kos-kosanku.  Pagi itu Pak Progo, teman sekostku yang baik sempat mengambilkan makanan untuk ku … ”Udah elu makan dulu … biar dikit elu mesti makan …dari pada lemes nanti … ”

 

Akhirnya aku paksakan Makan.  Dan siang itu pun dengan sisa-sisa tenagaku aku pergi ke Kampus untuk berkumpul.  Kita akan berangkat naik Bis carteran.  Aku KKN di Kabupaten Ciamis, Priangan Timur  (Tasikmalaya sonoan dikit).  Perjalanan cukup melelahkan … disepanjang perjalanan aku hanya tidur saja.  Kepala semakin berat.

 

Sesampainya di Kota Ciamis … kami diinapkan dahulu di Mess Proyek DAS Citanduy II.  Sebelum besok diantar ke desa masing-masing.  Again … aku hanya bisa terkapar saja di Mess.  Tidak kemana-mana.  Badanku tambah panas … greges … Batuk berat pula …

 

Malam harinya,  datang seorang temanku.  Namanya Royke Semuel Sapan.  Asal Manado.  Aku kaget juga dia datang kekamarku.  Sehari-hari aku tak begitu dekat dengan dia.

 

”NH… kata Fikri kamu sakit ya ???” Begitu dia bilang … (Fikri adalah bakal teman sedesaku nanti …).  (Rupanya Fikri khawatir dengan kondisi kesehatanku …)

”Boleh aku pijat, mudah-mudahan bisa membantu meringankan…?” begitu kata Roy.

 

Hah … Royke mau memijat aku ??  Aku agak surprise … Apa dia bisa ??? … karena Royke ini sehari-harinya cuek, slenge’an, gahar dan selalu duduk di belakang kalo kuliah.  Royke juga berbadan kekar … Aaarrrggghhh pijatannya pasti sakit ini …  Aku tak punya pilihan … aku pasrah saja.  Dia minta Obat Gosok, Sabun dan Sikat Gigiku.  Hah mau diapain aku …

 

Ternyata ujung gagang sikat gigi itu digunakan untuk menekan-nekan telapak kakiku … seperti Foot reflexologi itu … Dia menekan titik-titik tertentu di Kaki …

Dengan tekun … dia memijat sekujur badanku… mulai telapak kaki sampai punggung … dan kepala.  45 menit kemudian … selesailah dia memijatku … (BTW ini pertama kalinya aku dipijat seluruh badan …).  Ternyata dia minta sabun tadi untuk membasuh tangannya yang belepotan balsem gosok … (aku kirain untuk apa …)

 

Dan AJAIB sodara-sodara …

Pijatan Roy itu ternyata uenak sekali … Badanku langsung ringan … Aku keringetan … mengucur deras sebesar jagung … Aku sempat muntah-muntah, (maaf) penuh dahak.  Dan Aku pun (maaf lagi) buang Gas … kentut panjang berkali-kali.  Aaaahhhh nikmat banget … Badan jadi enteng bener.

Bukan itu saja … aku pun langsung kebelet (maaf) BAB … aku kebelakang … (setelah beberapa hari tidak bisa BAB) …  Once again … aku ringan sekali … Tiba-tiba aku merasa lapar. Langsung aku kedepan Mess mencari makan. 

 

Dan Malam itu aku tidur nyenyak sekali …

 

Besok paginya … Alhamdulillah … aku sudah segar kembali … siap berangkat mengikuti program KKN ke desa-desa terpencil yang berat ini …

Ah Royke Semuel Sapan … juga Ahmad Fikri … dan Pak Progo … aku tidak akan pernah lupa jasa-jasa kalian …

 

That’s what friend are for …

.

.

.

30 thoughts on “TEPAR

  1. BTW …
    Trainer Mulai Sabtu – Minggu – Senin Kemarin … tepar dirumah …
    nggak kemana-mana … karena sakit …
    Sayang si Royke ndak ada … kalo ada nomer tlpnya pasti aku panggil deh kerumah …🙂

    hehehe

  2. Ya Ampyuuuuun….. Om!…….Nampakya si Om terlalu sibuk keknya, training saban hari, Blogging On & On, …Olahraga Kurang Om Ya…?! Masuk angin pula lagi…!
    Pantesan saya tawarin makan, Nggak nyahut-nyahut…padahal saya nunggu actingnya si Om lewat SMS……
    (Pakdesokakrabdotcom) sudah ke dokter mana? kata dokter apa? Makan teratur, obatnya diminum dan istirahat yang cukup…begitu kan….???

    Tamabhin kalau sudah mulai Fit, kurangin Rokok olahraga yang rajin pak ya…jangan kek saya…perut buncit karena jarang olahraga.

    PS. Fikri adalah bakal teman sedesaku nanti … okelah…pindah kemanapun tetep ngeblog pan Om?

    Salam saya.
    Selamat berkarya.

  3. cerita yang sangat menarik dari seorang trainer…. tulisan Anda lugas, dan enak dibaca.. terima kasih atas ceritanya…..
    tulisan yang sangat menarik….
    salam kenal ya.. sudah tahu linus airways? Perusahaan Penerbangan yang menerbangi beberapa wilayah di sumatera, Jawa, Kalimantan, rencananya dalam waktu dekat ini Linus Airways akan terbang dari Bandung ke Palembang > Batam>Pekanbaru> Medan..
    for further information please call. 021.62203755
    Akan sangat menyenangkan jika Anda mau bergabung menjadi sahabat kami.. Mampir ke blog linus ya.. & jika berkenan tolong diinformasikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.
    Sukses selalu buat Anda.. Keep blogging!!!

  4. hai pak NH…
    wah dasar saya sudah pikun ya…. saya nggak inget tuh kejadian mengambilkan makan untukmu ….. terimakasih sudah mengingatnya…..
    wah kalau tahu pak NH tepar lagi… ya saya bawain makan lagee… hehehe…
    sekarang udah sembuh belon pak ?
    istirahat yang cukup, makan dan olah raga teratur pak……
    salam,

  5. Hal-hal yg nampaknya kecil, sepele, tapi cukup membekas di hati sehingga teringat terus. Persahabatan dulu itu indah ya, mudah-mudahan masih banyak yg seperti itu dan sekarang ini justru makin kita perlukan …

  6. Ommmm…sudah sembuh belum om? cepet sembuh ya!
    Hebat sekali teman Om trainer ini…he…untung habis mijit om ga dicharge ya…hi….
    Once again, cepat sembuh ya Om!

  7. Musim penghujan begini memang rentan sekali tubuh terkena penyakit.
    Baiknya di support vitamin tambahan Om…
    Moga cepet baikan Om…

    Memang ada orang yang berbakat dan mempelajari foot reflexology, seperti titik2 akupuntur segala titik dalam tubuh saling berhubungan…. beruntung dia ada pada saat Om membutuhkan.

  8. Minggu kemarin saya juga tepar…sebenarnya karena agak memaksakan diri, pekerjaan lagi banyak, lupa udah usia.
    Tapi sebetulnya juga, kalau kita dipijat, dan rileks, bisa tidur sebentar,.,maka akan segera sembuh. Karena sebetulnya kita kelelahan, masuk angin, akibatnya perut kembung, dan makan nggak bisa nyaman. Karena nggak enak makan, perut makin kosong…jadi bertambah deh.

    1. Ini aku Royke (Roy yang diceritain NH).
      Sekarang di Jakarta, Pamulang. No. telp ku 0818 xxxx xxxx.
      Terima kasih anda tertarik ke orang biasa seperti saya.

      NH to Roy …
      Thanks Roy …
      eniwei no telp sengaja saya blurred ya …
      tapi aslinya sudah aku catet kok …

  9. Hayooooo yang nasehatin aku JAGA KESEHATAN…
    sendirinya hihihih

    tapi kemarin aku juga tepar
    sakit kepala ngga sembuh-sembuh
    obatnya?

    Koyo CABE + makan +minum yang manis
    kelihatannya suplai karbohidrat dan gula kurang

    selamat ber-rock and roll mas

    EM

  10. ketika saya juga TEPAR… datang pula si Roy Semuel Sapan…

    Thank you for amazing touching to healing😀
    God bless you

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s