Diposkan pada TRAINER ABG

ROTI GAMBANG


.

Sebuah roti tradisional. 

Aku tak tau berasal dari mana.  Sepertinya Betawi

Bentuknya persegi panjang … berwarna coklat gelap …

Bertabur wijen diatasnya …

Rasanya manis enak.  Seperti ada campuran kayu manis nya.

(BTW : Nama ”Gambang” ini mungkin diambil dari kata Gambang.  Sebuah alat musik tradisional dalam kesenian Gambang Kromong khas Betawi.   Memang bilah-bilah Gambang itu terbuat dari Kayu yang warnanya coklat dan bentuknya pipih…  mirip bentuk Roti ini.)

 

What is so special about Roti Gambang ?

Ini adalah penganan kudapan favoritku …

Jaman dulu waktu masih jadi Mahasiswa di Bogor …

 

Di dekat kos-kosanku ada Warung.

Kami biasa menamakannya Warung ”Nana’”.

Karena pemilik warung itu namanya Nana

Jangan salah … Nana itu nama lelaki sodara-sodara …

Gahar dan Gondrong pula … Tak sepadan dengan nama ”imut” nya itu …

Warung Nana’ selalu menyediakan Roti Gambang ini …

 

Biasanya Sore hari … Pulang kuliah …

Mandi … Sholat …

Bikin Kopi … (ya … aku peminum kopi jaman Kuliah dulu)

Lalu pergi jalan kaki sebentar ke Warung Nana

Beli Roti Gambang …

 

Belajar di temani segelas Kopi

Dan sepotong Roti Gambang

Enak … Murah … Meriah … Kenyang …

 

Oh iya satu lagi …

Ritual cara makannya adalah …

Roti Gambang ini mesti di celupkan dulu ke Kopi …

Baru dikunyah perlahan …

Aaahhh …

Dufan pun kelihatan dari kos-kosanku di Bogor ini …

… Saking nikmatnya … !!!

 

——-

 

Aku sudah jarang menemukan Roti Gambang ini …

Di tukang roti yang lewat depan rumah tidak ada …

Di warung dekat rumah pun juga tak ada …

Jika mau roti gambang mesti ke Supermarket dulu …

Itu pun tidak selalu ada …

 

Kemana perginya dikau …

Wahai Roti Gambangku … ???

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

35 tanggapan untuk “ROTI GAMBANG

  1. Sayang gak ada skrinsut-nya.
    Jadi bayangannya kemana-mana. 🙂

    Kami tahunya roti gabin Pak, yang dicelupin ke dalam teh (dulu saya tidak suka kopi). Hehehe…
    Baru sekarang ini jadi kopi addict karena diajarin mertua. 🙂

    nh18 to pak nardi
    Ya betul pak …
    Ada beberapa teman yang mengatakan itu
    Roti Gabin …
    Eh kenapa ya dinamakan gabin …??
    Salam saya pak

  2. Aku ngga tau namanya gambang.. sekilas aku pikir roti ngambang hihihi

    tapi memang roti itu kan dibuat dari gula merah,
    seperti palmsuiker tapi lain rasanya dengan ontbijtkoek yang lembut.

    Aku juga suka tuh dulu, meskipun makannya tidak harus dicelup kopi.

    EM

    nh18 to EM
    Ya betul …
    Itu yang aku maksud …
    Ada rasa-rasa gula merahnya …
    Onbijkoek ? … hah apa lagi nih …
    hehehe

  3. wakakak,… kangen juga pak roti jaman dulu?, dikampungku pun ada dulu dolung-dolung (terbuat dari tepung beras dikasih gula merah dan digulung pake daun bambu) sekarang dah gak keliatan lagi dimana dia, yuk sama2 kiata cari pak dimana mereka sekarang

    nh18 to pak nababan
    Marriiii …
    rasanya kangen juga ya pak dengan penganan masa
    kudapan kecil – remaja kita dulu

  4. Itu favorit adek saya juga Om. Akibatnya warna roti ini menyerap ke dalam gen kulitnya.. 😛

    nh18 to Ipey …
    Gen kulit kamu kaleeee ???
    huahahaha

  5. Males ah…..
    Makasih ya…
    Gigi jadi susah dibersihkan…
    Gambang nyempil disela2 gigiku…
    Aaarrrrggghhhh….senyumku jadi cokelat berseri

    nh18 to Pak De …
    Halah …
    Gambang sama Gigi Pak De
    Masih lebih “Putihan” Gambang …
    (pis)

  6. Ada di Lauw Bakery kayanya om, di jalan raya bekasi kalau ga salah….

    nh18 to Indi
    HHmmm catet …
    Aku mau cari di Lauw pusatnya aja deh
    di Blok A …
    Masih ada nggak ya ???

  7. roti gambang? apa pulak tu pak?
    waduh… saya benar2 katrok ya, gak punya gambaran sedikitpun!

    kalau saya, suka sekali makan bolu kecil2 (sering dicetak bentuk ikan) sambil dicelupin ke kopi atau teh… wuih… endang bambang pak… hehehe…. 🙂

    nh18 to uda vizon …
    hehehe …
    kalo uda liat bentuknya dan merasakan langsung
    aku yakin Uda pasti pernah makan Roti ini dulu …

    Kalo bolu bentuk ikan … hahahaha
    bener … itu Endang Bambang sangat …
    endang bambang ? hah ngakak aku uda …
    dapet dari Salon mana nih …
    kok ekeh baru denger weiceh …

  8. Baca komentar-komentarnya Sis Imelda langsung ngikik; kalian berdua ini memang orang jadul ya… hahahaha… sumpah, ponakanmu ini nggak ngerti, Om! 😀

    Skrinsyut…

    nh18 to Lala …
    Ndak Ngerti … ?
    Hayo cepet jongkok di depan kulkas … !!

  9. Saya blm bisa membayangkan seperti apa roti gambang itu…
    Btw, pisang goreng ama klepon termasuk kudapan jadul dan tradisional juga gak yah? 🙂

    nh18 to Kang Duddy
    Itu bukan jadul …
    itu masih ngetrend sampe sekarang
    hihiihihhi
    aku aja masih suka makan kue itu kok

  10. Di warung sebelah rumah kakakku ada tuh yang kayak gambaran Si Om, tapi kok bulet ya? Coklat, di atasnya ditaburin wijen en rasanya manis enak gitu. Dah brubah kali Om, gak panjang lagiii….

    nh18 to Choco
    Iya mungkin …
    efisiensi … (halah)

  11. Gak punya bayangan ttg roti gambang, pak..sepertinya ikutan ama suara yang lain….
    “skrinsyut ”

    😀

    nh18 to poetry
    memang di Sumatera atau ditempat lain
    aku jarang menemukan …

  12. mungkin karna aku orang batak asli and baru tinggal di jakarta 3 tahun, jadi aku kurang tau persis roti yang mas maksud. roti gambang..??.
    padahal aku termasuk orang yg suka jajan, makan, ngemil dkk. tapi aku tetap belum kebayang wujud roti yg mas maksud itu gimana.
    jadi penasaran juga neh, “Dufan pun kelihatan dari kos-kosanku di Bogor ini …
    … Saking nikmatnya … !!!
    “.
    Behh…, jadi pengen juga makanya mas, biar aku bisa liat “Danau toba kalo pas lagi menikmati roti gambang itu,hahahaha”.

    nh18 to Togi …
    Ya bener …
    saking nikmatnya …
    kita sampai merem melek
    hehehe (lebay yah )

  13. Sebelunnya, abis cukuran ya om, wajahnya kliatan cerah dan terang gituuu (baca ganteng) hehe… peace om…Hihihiihh…. yaampun dupan aja bisa kilatan yaa….hahaha…GAk tau aku om, biz gak ada fotonya sih… Sapa tau nemu di Sorowako, ta’kirimdeh ke sana om 😀

    nh18 to Ibu Rita …
    hehehe …
    ah nyisir dulu aaaahhh … (halah)
    itu lah bu …
    aku sudah susah nemuin roti yang satu ini
    so … ndak ada skrinsyutnya deh

  14. “Gambang” apa ya artinya…tahunya “Gmabang suling”…hihihi…itu sih lagu jawa ya….hm..enak ndak si..?coba kapan-kapan kalo ke tempat diajeng bawain roti gambang dunx mas 🙂

    nh18 to diajeng
    ya itu …
    karena bentuknya kayak bilah Gambang itu
    jadi deh dinamakan Roti Gambang

  15. Kok bikin kopi dulu baru pergi beli roti, Om?
    Apa nggak keburu dingin?
    Meski hanya jalan sebentar, siapa tau kopinya keburu disemuti 😀

    Rasanya jangan cari roti Gambang di kota, Om.

    nh18 to Mas Dan …
    Iya mas … sambil nunggu dingin …
    Semut ? … ndak ada tuh
    Hehehehe …

  16. Saya kok merasa tidak gaul yah………..4,5 tahun di Bogor gak pernah ketemu roti gambang………mungkin zona kost di babakan gunung gede dan ciwaringin tidak masuk zona roti gambang……..kelihatannya nih roti cuma beredar disekitar Cikuray

    nh18 to Isw …
    Kalo kamu lihat bentuknya
    pasti kamu tau deh …
    banyak kok di bogor dulu …
    hehehe

  17. roti gambang..? kaya gimana itu om.. 🙂
    tapi kalo dicelupin ke kopi.. hmm pasti roti enak inih…

    nh18 to Yoenday
    Enak yoen … sumpah …

  18. Roti Gambang atau Roti Ngambang Pak? Kalau Ngambang saya tau. Kalau Gambang…? Nggak tau pak, tapi yang penting rotikan? pasti enak…

    nh18 to mamas86
    Ya … itu …
    Yang penting roti
    yang penting enak
    🙂

  19. aku suka kok roti gambang ini. tapi masih kadang2 rasanya agak2 pahit. Mungkin kebanyakan ragi atau apa gitu.
    Emang udah kangen banget apa, om?.. daku beliin nih.. 😀

    nh18 to Mbak Puak
    Atau mungkin gulanya kurang bagus ya …
    DIbeliin ?? .. boleh-boleh … hehehe

  20. Beberapa hari lalu sempat lihat deretan kue ini berjajar rapi di salah satu rumah usaha.
    Ini kue kesukaan bungsu-ku waktu masih kecil.
    Sy doyan juga. Masih ada kok Mas di dekat rumah.
    mau dikirim pake Hercules, atau via internet? 🙂
    dua2nya nonsen yaaa 😀
    Salam kenal sekali lagi.

  21. Saya ga begitu ingat, soalnya di Bogor dulu sukanya jajan burjo didekat terminal Bogor, karena saya tinggal di asrama (APIPB) dan adik bungsuku di jalan Riau.

    Kalau ada fotonya mungkin masih ingat…warna coklat ada wijen nya ya…

  22. wah maap ga bsa bntu kan dah dibantuin ma emi chan 🙂
    aku ga ngeh blass soal roti ini *apa aku yg katrok ya?*
    tapi kayaknya enak neh *sluurp..sluurp*
    🙂

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s