Posted in MY FAMILY, Si Sulung

GURU ANAKKU


 

(Postingan ini ditulis … Masih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 35 Sekolah Anak-anakku)

 

Anak-anakku semua bersekolah di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.  Ini terletak di perumahan Dosen UIN Jakarta.

 

Pada tahun 1964 s/d 1975 Trainer kecil pernah tinggal dikompleks perumahan dosen tersebut.  Sangat berdekatan lokasinya dengan sekolahan itu.  Maka tidak heran jika banyak teman-teman sepermainan masa kecilku yang akhirnya memilih menjadi guru yang mengajar disekolah itu, bertugas mengabdi di Madrasah tersebut …  Ya … rupanya mereka memilih yang praktis saja … bekerja di tempat yang tidak jauh-jauh dari tempat tinggal keluarga mereka.

 

Ada satu orang guru si Sulung di Tsanawiyah, sebut saja namanya Ibu EH.  Beliau adalah teman masa kecilku dulu … kita sekelas waktu jaman di SD dulu.

 

Ketika aku menjemput Si Sulung di Sekolah … pada suatu hari Sabtu … Aku dan Ibu EH bertemu secara kebetulan dan bertegur sapa di halaman sekolah …  Dan namanya juga teman Lama … maka … Kami pun berbincang persis seperti dulu ngobrol jaman kecil … Ya … Kami main panggil nama saja … juga sebutan akrab ”elu – gua” … (Namanya juga teman masa kecil kan …???)

 

”He NH apa kabar lu …, anak lu sekolah disini ya …”

”Eh …  Elu Ha’ … iya anak gua sekolah disini … Elu apa kabar … ??? gua denger ngajar disini ya … pegang pelajaran apa Ha …”

”Iya Gua ngajar IPA disini … Elu tinggal dimana sekarang … kerja dimana luh  …”

 

Dst .. dst … kangen-kangenan … nostalgia layaknya teman lama …

 

Dan lucunya … Bu EH langsung bisa menebak …

 

”Bentar-bentar NH  … gua tebak … Anak lu namanya Yudhistira bukan ? kelas 9 D kan ???

”Iya … kok elu tau ???? (Aku surprais … heran kok dia bisa tau …)

”Ya jelas tau lah … orang mukanya persis banget … plek ketiplek kayak Elu dulu …hahaha ”

”Hahahhaa …bisa aja luh.  BTW anak gua gimana ??? … nggak nakal kan … hehehe ??? ”

 

Dan kita cekakakan … terus asik ngobrol … bicara ngalor ngidul …

Dan ketika si Sulung muncul … langsung kita menyadari bahwa posisi kita sudah berbeda … dia guru anak ku … sementara aku orang tua siswa …

 

Langsung sontak kita switch frekuensi … rada formal …(Jaim.mode.on) …

 

 

”Ibu EH … mmm maaf Ibu,  kami mau permisi dulu ya Bu …Assalamu’alaikum(aku mengucap salam sambil membungkuk sopan). (Si Sulung pun salam takzim khas anak murid kepada gurunya … menempelkan tangan ibu gurunya ke dahinya)

”Oh iya Pak … silahkan pak …Wa’alaikum salam ” (kata Bu EH sambil tertawa tertahan ….)

 

Akhirnya begitulah … Dalam perjalanan pulang … Aku bilang wanti-wanti sama si Sulung … ”Mas Tyo … Ibu EH itu dulu temen ayah waktu SD … kamu nilai IPAnya harus bagus lho ya …”

Dan aku tambahkan lagi …”… kamu jangan malu-maluin Ayah ya …!!!”

Dan Mas Tyo pun protes … ”Lho kok gitu Yah ???, emang kenapa …??”

 

Huahahaha …. iya juga ya … apa hubungannya coba … Kok si Anak jadi kena beban mental begini …!!!

 

(Ya iyalah … jangan sampe Bu EH nanti bilang … IIhh bapaknya dulu pinter … kok nilai IPA anaknya dodol …)

(aku kan nanti malu …)(hehehe).

(Untungnya mas Tyo selama ini selalu 10 terbaik di kelas …)(hah ….  aman … aman….)

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

41 thoughts on “GURU ANAKKU

  1. Yen tak pikir-pikir …
    Ini kok kayak postingan narcis ya …
    Mau menceritakan bahwa dulu Trainer kecil itu pinter di kelas …
    hehehehe sombong bener si Trainer ini …

    (ah biarin lah …)
    (Yang penting .,.. Nggak Boong-Nggak Nyontek-Nggak Jorok and One Page Only …)(Prinsip Ngeblog konservatif tradisionalis cara si Trainer …)

  2. hahhaha om..gpp la giihhh narsiss…itu sih wajib buat blogger om xiixixixi…

    btw om yaelaaahhh bener tuh kt tyo…mang napa??? nilainya hrs bagus hehhe…yg temennnya bu guru kan ayah Nh ya tyo kekekke…tp itu juga mulai muncul nih di diri aku stlh menjd orang tua heheh

  3. Walahhh…kalo si Om kan rangking satu…kalo Yessy???

    Terkenal judess dan suka berantem!
    Jadi nanti Tangguh kalo sekolah ..gak boleh cengeng dan juga mesti jagoan kayak ibunya!!! *LOch?!?!?*

  4. Narsis minimalis…
    Coba kalo disebutin semua nilai mata pelajaran Om waktu dulu, jadinya narsis maksimalis.. hehehe… 😀😀

  5. Untunglah..pak NH langsung switch frekuensi begitu Mas Tyo-nya dateng..
    kalo gak..? he..he…

    Ternyata yanga namanya nostalgia gak jauh2 amat dari nostalGiLa, ya, pak…? he..he….

  6. iya tuh.. Om..entar Yudi nya bertanya2 lagi ada apa Ayah dan Bu EH..
    Gak papa lah..sekali2 narsis. Kalo perlu pajang foto yang lagi make Levi’s baru:mrgreen:
    Peace..Om😉

  7. Mas Trainer ini kalau ketemu apa ya lucu dan rame ya? Penasaran…mode on:P

    Dan pesan orangtua selalu begitu…bahkan sayapun pesen ke si bungsu…
    “Nduk, yang rajin ya, jangan malu2in ibu. soalnya KK (saat itu masih rektor) kenal sama ibu, lihat nih sms nya”

    Duhh mungkin bagi seorang anak, mendingan guru atau dosennya nggak ada yang kenal dekat dengan ortunya deh.

    Jadi ingat guru SMA ku yang kesel, karena bahasa Indonesia ku ngepas aja…dia sempat komentar…”Mbak, mbok ya menjaga nama Bapak, kan Bapak itu dulu guru saya.” Komentarnya dengan wajah memelas, karena pak Guru tsb murid ayah, dan dia sedih kok nggak bisa membuat saya mendapat nilai hebat dalam bahasa Indonesia…hahaha

  8. Kalau Ranking satu mah diceritain masih wajar Om, tapi kalau ranking 40 diceritain ya malu Om.. 🙂 Jadi ingat photo anak-anak Om TRainer lalu, si Sulung emang plek ketiplek, percis suracis sama ayahnya. thanks

  9. Weleh Bapak ini ada-ada aja.

    Kalau anaknya ternyata lebih jago di Bahasa Inggris ya nggak bisa dipaksain to Pak… hehehehe…

    Wong ternyata anaknya multiple intelligent-nya di bidang lain?

  10. Akhirnya aku kesini juga…dah lama pengin kenalan. Salam kenal Bang…..
    Meski mantan ranking 1 dan rada narsis, tapi aku yakin bang NH rendah hati soalnya tampilan blognya apa adanya (nggak jaim mode on ….uups);-)

  11. Wadeeew….TOP tenan,lha siapa dulu ayahnya….??

    Bapaknya jaman dulu selalu rangking satu dikelas…”nah jelas saja…lha pelajarannya belum se sulit sekarang Ayah,…atau teman teman ayah dulu bodoh bodoh,jadi ayah yan nomer satu”…he he…guyon ya pak…..

  12. pak, memang sebuah beban tersendiri bila anak kita diajar oleh teman kita sendiri; kita dan anak suka dibanding2kan, dan itu jelas salah, karena anak kita bukan kita, iya kan pak?

    btw, avatarnya ok banget, hehehe… sorry, baru tau, udah lama gak mampir soale, biasa… baru turun gunung, hehe…🙂

  13. ”Lho kok gitu Yah ???, emang kenapa …??”

    Responnya si sulung bagus juga nih Pak…
    Pastinya dia bukan penganut ABS (Asal Bapak Senang) ya…

  14. so …kopdar d Citos ya Yug?
    tapi mas NH lebih sering ke PIM tuh kayaknya.

    hihihi

    OOT
    peace Om, maaf ya nyampah di sini
    (dengan gaya yessy …..gusman ….hihihi)

    EM

  15. wah, masa kecil kita sama dong, om, selalu ranking satu di kelas. *kena virus narsis*

    boong ding, om. saya mah nggak juara kelas aja, tapi juara umum sekolah! *makin parah*

    huahahaha…

    btw, om. masalah ortu kenal sama guru itu jadi tricky banget di pihak si guru, makanya si anak musti pinter sehingga nggak perlu dongkrakan nilai. soalnya menimbulkan dilema. sama seperti posisi dosen yang kolegaan sama ortu mahasiswa. *sigh* serba salah, om. mau dikalahkan karena anaknya bego, eh, ayahnya mantan guru sendiri. *curhat.com*

  16. lah, beneran komentar saya ngilang. apa ketelen antispam?

    om trainer pake switcher merek apa sih bisa langsung berubah gitu mode-nya? susah loh. jadi pengen dipakein juga.

  17. wuahahaaa
    biasanya kan anak bertingkah orangtua yang kena getahnya lah ini bedanya bapak bertingkah anak yang kena getahnya🙂

    tapi kan gpp coz bapaknya kan hobinya dulu bagusss *maksudnya hobi belajar, pinter gitu lhoo*

  18. baru baca hari ni jadi sedih soalnya ketinggalan daftar buat anak bungsu aku masuk MTs nya… bingung cari pengganti sekolah lain soalnya kakaknya dah disitu kelas 9 D juga n aku dah kesemsem ama sekolah ini……….

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s