Posted in INSPIRING PERSON, NGEBLOG

BARALEK GADANG


.

Baralek Gadang ?
Ini adalah ungkapan dalam bahasa Minang yang berarti Perhelatan Besar.  Baralek Gadang umumnya diadakan untuk menyambut atau merayakan suatu momentum penting dalam kehidupan Masyarakat Minang.  Bisa Pernikahan atau hal lainnya.  Hajatan ini juga sekaligus untuk berbagi kegembiraan dan perwujudan rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta.  Saya mengenal istilah ini ketika saya ditugaskan di Padang selama setahun, pada tahun 1991-1992.

Namun kali ini saya tidak akan bercerita mengenai Acara Pernikahan atau yang sejenisnya …

Kali ini saya ingin bercerita mengenai seorang Sahabat Blog … yang sudah lama saya kenal …  Dia adalah pemilik blog Surau Inyiak … Hardi Vizon.

.

Hardi Vizon dan Blog Surau Inyiak ?
Uda Vizon … demikian saya (juga sebagian besar narablog) memanggilnya … adalah seorang Bapak dengan Empat Orang Anak.  Tiga Putra dan satu Putri (Afif, Satira, Ajib dan Fatih).  Buah pernikahannya dengan Zakiati Salma, atau biasa dipanggil dengan Uni Icha.  Mereka saat ini tinggal di Yogyakarta.  Uda Vizon sedang menyelesaikan pendidikannya S3 nya disana.

Uda ini sekalipun asli Suku Minang … namun sebetulnya … kampung halaman tempat orang tuanya tinggal adalah di Riau.  Uda Vizon sempat merantau dan “nyantri” di Pesantren Gontor,  … Kuliah di Padang dan Pekanbaru,  lalu bekerja menjadi Dosen di Curup, Propinsi Bengkulu dan akhirnya sekarang dikirim belajar ke Yogya.

Kepandaiannya bersosialisasi tidak diragukan lagi.  Dimanapun beliau tinggal … saya yakin masyarakat sekitarnya pasti mengenal Uda.   Uda tidak pernah memilih teman.  Uda berteman dengan siapa saja.  Tidak heran jika sahabat Blognya pun banyak … dari berbagai macam kalangan dan latar belakang … dan tinggal di berbagai tempat pula …

.

Lalu apa hubungannya dengan BARALEK GADANG ?
Saat ini … dalam rangka menyambut HUT ke Tiga dari Blog Surau Inyiak yang dikelolamya … Beliau mengadakan acara Baralek Gadang.  Baralek Gadang khas Blogger.  Jadi ceritanya Uda mengajak Delapan Belas orang Blogger … sahabat-sahabat lamanya … yang pertama kali dikenalnya ketika  Nge Blog tiga tahun yang lalu… untuk menulis di Blog Surau Inyiak.   Themanya ? … tentang “AYAH” dan “KE-AYAH-AN”

Ini ibarat ajang Reunian dan Nostalgia Blogger Sahabat Surau Inyiak …
Saya beruntung menjadi salah satu sahabat yang diundang untuk menulis disana.  Dan tentu saja … saya menyambut dengan sangat antusias ajakan tersebut.  Bukan semata karena Uda Vizon adalah sahabat baik saya … namun juga karena thema yang diangkat sangat menarik.

Saya tau sekali … Uda Vizon adalah orang yang selalu mengedepankan dan menggalakkan Peran Ayah dalam Keluarga.  Banyak tulisannya yang menggambarkan sikap konsistennya tersebut.  Beliau (dan juga Uni Icha) sangat aktif mendukung program-program kegiatan yang diadakan sekolah anak-anaknya.   Dengan kesantunan dan kepiawaiannya bersosialisasi … bahkan Uda berhasil mengajak Ibu Walikota Yogyakarta untuk berbicara di depan forum orangtua murid di sekolah anak-anaknya.   Ini hanya salah satu contoh saja … ada banyak contoh lainnya.

Jika anda penasaran dengan apa saja yang ditulis oleh Para Nara Blog sahabat Uda Vizon tentang Ayah dan Ke-Ayah-ansila datang melihat ke Blog Beliau.   Sudah ada Sebelas Tulisan yang ditayangkannya …  Dan semua tulisan-tulisan tersebut, menurut saya sangat inspiratif …

.

Dan untuk lebih menyemarakkan perhelatan Baralek Gadang ini … Uda juga menyediakan Hadiah menarik berupa Delapan Buah Buku … yang akan dia bagikan kepada mereka yang memberikan KOMENTAR-KOMENTAR terbaik di postingan-postingan tersebut. 
(Tiga dari buku-buku tersebut adalah juga sumbangan dari Pak De Abdul Cholik).
(Ini wujud dukungan dan apresiasi nyata yang diberikan oleh seorang Pak De Cholik kepada Uda Vizon)

So … jika berkenan … datanglah berkunjung ke Blog Uztad Muda yang satu ini …

.

Salam saya

.

.

And BTW …

Hari ini 20 Juni 2011 …
Tulisan ke Dua Belas yang baru saja dilaunching di Surau Inyiak adalah Tulisan Saya lho 🙂

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

45 thoughts on “BARALEK GADANG

  1. Saya tahu Udo Vizon. Memang tulisannya bagus2, Om meski saya belum kenal betul dgn Udo. Topik yg bagus Om ttg ayah itu. Tentunya para ayah lebih tahu betul ttg seluk beluk perayahan..🙂

  2. ternyata….oh ternyata…om enha salah satu yang ‘terpilih’…..selamat2 …saya akan meluncur cepat ke sana om….cabuttttttttttttssssssss….

  3. Om… Terima kasih banyak ya, sudah bersedia saya recokin. Tidak cuma minta tulisan, tapi juga bolak-balik minta foto, sampai akhirnya dapat foto nan eiylekhan itu, hehe…🙂

    Saya beruntung mengenal dunia blogging, sehingga bisa memiliki banyak sahabat.. Semoga dapat terus konsisten ya Om..

    Sekali lagi, terima kasih untuk semuanya🙂

  4. Uda Vizon adalah orang yang pertama kali meninggalkan komen di blog saya yang masih sepi jali waktu itu Om… Rasanya terharuuuuuuu…banget, excited banget ketika ada seorang senior blogger nggak merasa rendah atau mikir begini “ah ini blog nggak penting nih, nggak level gw nih” ketika mampir di blog junior nggak penting seperti punya saya yang waktu itu baru punya segelintir postingan…hiks..hiks…

    1. Ya … Betul …
      Uda sangat kenal dengan Fuadi …
      Bahkan nama Uda disebut juga dalam kata pengantar Buku Lima Menara tersebut …
      Beberapa postingannya sempat membahas mengenai Novel tersebut …
      dan kalau tidak salah Uda juga pernah menulis tentang Hobi Fuadi juga (tentang mesing tik ?)

      Salam saya Bu Dewi

  5. Saya sudah baca dan sudah komen tulisan Om di Surau Inyiak. Kayaknya Om seiring sejalan dengan Uda Vizon tentang peran keayahan. Hm … senangnya punya ayah seperti Om Nh dan Uda Vizon🙂

    Om, pagi ini nganterin anak-anak ke sekolah nggak?🙂

  6. Saya mengenal Uda Vizon memang melalui blog. Blog yang unik, itu kesan pertama saya saat kenal pertama kali. Surau inyiak sama artinya sebagai mushola peninggalan dari kakek/nenek. Dengan nama itu saja di dalamnya sudah termuat hal-hal yang amat mendalam. Surau bukan saja tempat belajar perihal agama seperti mengaji dan salat. Surau juga tempat belajar hal-hal yang bersifat duniawi, tempat seorang anak ditempa agar siap menghadapi tantangan masa depan, dan sebagainya.

    Baralek yang dilakukan sekarang merupakan implikasi lain dari pemaknaan “Surau Inyiak”

  7. Om inih… nggak di blog sendiri, nggak di blog orang, tulisannya selalu bikin saya senyum-senyum sendiri. Apalagi kalau disertai foto diri Om Nh…wah, eylekhan abis. Btw, penulis undangan yang udah tampil di Baralek Gadang-nya Uda Vizon hebat-hebat semua yah.. *jempol*

  8. wuowww… acara keren dari bloger keren n yang promo gak kalah keren, jadi pengen ikutan juga nih. dah baca tulisan Oom NH, benar-benar ke-Ayah-an sekali, khas Oom ganteng.. hihi..

    pa kabar Oom? kangeeeeennn

  9. Khusus tulisan Om, baru kubaca di google reader. Tetapi belum sempat ke Surau Inyiak. Beberapa hari ke belakang sungguh belepotan BW. Semoga weekend ini sudah bisa kucicil pelan-pelan…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s