THE LEGEND OF 1900


.

Ini judul Film 

Pernah dengar film ini ?

Pernah nonton film ini ?

.

Saya pernah.  Saya baru kemarin menonton film ini.  Di jaringan TV kabel, “rumah kotak kantor” itu.  Film ini diproduksi tahun 1998.  Disutradarai oleh orang Italia, tetapi film ini berbahasa Inggris.

Saya menyebut film ini bergenre “Musical-Fiction” (*).  Selama ini kita sering mendengar jenis film Science Fiction.  Film fiksi ilmiah.  Namun The Legend of 1900 ini agak beda.  Ceritanya berbackground musik.  Maka saya sebut fiksi musikal.  Cerita khayalan yang banyak musiknya.

(*) Note : saya tidak tau apakah ini based on true story atau bukan … tetapi melihat ceritanya … rasa-rasanya ini fiksi.  Hanya rekaan semata.  (please koreksi jika saya salah)

.

What is it all about ?
Sentral cerita adalah … ya si “1900” ini …  “1900” adalah nama orang.  Nama julukan seorang musisi yang mahir bermain piano.  Diceritakan bayi “1900” ini ditemukan oleh seorang pekerja kasar tungku uap kapal persiar besar bertajuk VIRGINIA.  Bayi malang ini di tinggal begitu saja oleh orang tuanya (entah siapa) … di ballroom kapal pesiar itu.

Bayi ini tumbuh … besar … dan kemudian dewasa … hanya di kapal pesiar “Virginia” itu.  Selama hidupnya dia tidak pernah menyentuh daratan.  Hidupnya hanya di kapal … di kapal dan di kapal.  Berlayar ikut kapal pesiar Virginia dari benua yang satu ke benua yang lain.   Mengapa dia tidak turun ke daratan ?.  Sebab, sebagai bayi temuan, 1900 ini tidak punya surat-surat (i.e akte kelahiran dsb).  Sehingga dia tidak bisa berkunjung ke negara manapun.  Takut ditangkap yang berwajib.  … “1900” dilahirkan … tetapi dianggap tidak ada di dunia ini.  Tidak tercatat.

Diceritakan … 1900 ini sangat piawai bermain PIANO … 1900 setelah dewasa berprofesi sebagai pemain musik tetap di kapal pesiar Virginia itu.  Dia menghibur para penumpang.  Baik yang berada di dek kalangan atas … para borjuis bertuxedo dan gaun mahal …  maupun yang ada di dek kalangan bawah, para imigran yang ingin masuk ke Amerika  (rupanya kapal Virginia itu ada kelas-kelasnya juga… ada kelas eksekutif … ada kelas kambing).

Musik 1900 terdengar aneh di jamannya.  Namun semua orang menyukai musiknya.  1900 menjadi sangat terkenal.  Terkenal dengan sebutan Pianis Hebat dari Kapal Pesiar Virginia.

Film ini murni membahas serba-serbi … lika liku si 1900 ini bermain piano di atas kapal.  Termasuk ketika diajak berduel oleh PIANIS jazz terkenal dunia.  Sampai akhirnya …  klimaks ceritanya … Virginia diledakan sebagai besi tua.   Dan tetap … 1900 tidak pernah turun ke daratan … Pianis 1900 ini raib begitu saja … tidak pernah diketahui rimbanya …  Sepertinya dia ikut musnah bersama puing-puing Virginia yang diledakkan tadi.  1900 telah menjadi legenda.

Saya tidak bisa menceritakan secara detil … satu persatu penggalan-penggalan ceritanya …
Karena film ini bukan untuk diceritakan …

Film ini untuk disimak rangkaian dialog kata-kata filosofis bermakna dalam dari para tokohnya
Film ini untuk dirasakan alur indah ceritanya yang penuh nuansa imajinatif  …
Film ini untuk dinikmati alun indah musik-musik piano dengan teknik fingering tingkat tingginya …

.

Overall …
Menurut saya … ini salah satu film (musik) terbaik yang pernah saya tonton … (setelah The Sound Of Music tentunya)

So …
Apa Anda sudah pernah menonton film ini ?
What do you think ?

.

.

.

42 thoughts on “THE LEGEND OF 1900

  1. Baru mau bilang kalo The Sound Of Music itu film musikal terbaik yg pernah kutonton… ternyata udah disebutkan jg sama Om NH😀

    aku baru denger ttg film 1900 ini dari sini Om… thanks for the info Om…

  2. udah om, aku nontonnya dulu wkt masih di bandung.
    film yang indah, tapi nyesek juga mbayangin 1900 berlayar kemanamana tapi gak bisa turun jauh dari kapal..

    August Rush, udah om?, musikal juga.

  3. belum pernah nonton om…tapi kayaknya bagus deh ceritanya kalo sampe direview disini..🙂
    mungkin itu 1900 dianggap sebagai pianis indie jaman itu yah?…soalnya musiknya aneh gitu yah?..
    cari DVDnya ah,,,

  4. sama dong, Mas
    aku juga baru kemarin ini nonton si 1900….
    sedih, kasian sekaligus juga terharu …….
    setelah sempat turun dari tangga kapal Virginia , akhirnya dia kembali lagi masuk ke kapal pesiar ini …………
    hidupnya benar2 sebuah legenda musik di film ini ya Mas🙂
    salam

  5. Wah… penulisan kata PIANO pertamanya pake huruf kapital… menunjukkan interest penulisnya yang tinggi terhadap piano..hehehe.

    Kalau baca resensinya Om Nh, ini film yang menarik om. Mudah-mudahan ada re-run film ini di “rumah kotak kantor” biar bisa nonton juga…

    Salam, Om…

  6. Baru tau Om, dan sepertinya murni fiksi ya, coz ga terimajinasikan ada manusia yg betul2 tak pernah menginjak daratan *takjub*, jadi pgn nonton, 1900-nya ngganteng kan Om? hihihihi

  7. sudah 2 hari ga mantengin hbo😀
    biasa deh musim liburan musimnya ngumpulin recehan kan om
    tapi saya jadi penasaran
    yang semoga bisa terbayar deh
    soalnya kan hbo rajin tayang ulang sehari aja bisa berapa kali ya om
    klo om aja bilang bagus, pasti film ini beneran bilang bagus hehehe
    siap2 pantengin lagi aah …

  8. Pertama karena Om pencinta seni, pencinta musik, dan piawai memainkan piano. Jadi dengan film yang bertemakan musik dengan menampikan seorang Pianis yang jago. Yaaa pasti pas lah.
    Btw saya belum pernah nonton film itu Om…

  9. sy menangis menonton film ini,, apalagi waktu dia bercerita dgn conn teman pemain terompet. aq mw mnonton film ini, lagi n lagi…

  10. keren abisss….1900 tidak mau di publikasikan dan dibandingkan dengan pianis di jamannya… masih inget ane pas shoot kerennya pas dia duel sm negro yg merupakan pianis terkenal di daratan… sadissss… sampe dia meninggal di kapal pesiar yg diledakan gara2 udah rusak tuh kapal dan nih 1900 ga mau pergi dr kapal pesiar itu..tp malah ngumpet …sedihhh… setelah August Rush keren nih film..cuma belom dapet dvd nya..😦

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s