Diposkan pada TRAINING

JAYUS


 .

Mungkin sudah banyak pembaca yang tau artinya.

JAYUS ini adalah suatu istilah … dan aku tak tau ini asalnya dari mana …

Agak susah juga untuk mendeskripsikan artinya …

 

BTW : Ada banyak orang yang menyamakan arti ”JAYUS” ini dengan … ”GARING”

 

Situasinya kurang lebih adalah …

Ada seseorang sebut saja ”B” … yang mencoba untuk melucu … tetapi lawakannya itu sama sekali tidak lucu … malah cenderung ”mengenaskan” … ”menyedihkan” … (hahaha)

Lawakannya nggak sukses … bukan ketawa yang dihasilkan … tapi malah cibiran sinis yang keluar … (or as simple as … pendengar melongo … tanpa ekspresi … tak paham letak lucunya ada dimana …  Pendek kata … ”Garing” sangat …

 

Tapii … anehnya sodara – sodara …

Lawakan yang sama … cerita yang sama … jika dilontarkan oleh orang lain … sebut saja namanya ”A” … diceritakan pada kesempatan yang lain … kok ndilalah … entah mengapa … para pendengar bisa terpingkal-pingkal … terbahak-bahak sampai keluar air mata … Lawakan Sukses sangat … suasana pun menjadi segar … gembira …

 

Tentu pembaca akan beranggapan …

”Aaaahhh pasti ini  sih … tergantung dari cara membawakannya …!!!”

 

Ya … ini ada benarnya …

Namun sebetulnya bukan hanya tergantung dari ”CARA” membawakannya …

Ini juga tergantung pada … ”SAAT” yang tepat … dan ”KEPADA” audience yang tepat pula.

 

Humorist  sejati itu … mampu …

Memilih Lawakan yang tepat …

Diceritakan dengan Cara yang tepat …

Kepada orang yang tepat …

dan pada SAAT … momentum yang tepat pula …

 

Para JAYUS-er itu … sering kali nekat melawak dengan isi yang salah, cara yang salah, kepada orang yang salah dan pada saat yang salah pula … (hah runyam bukan ???)

 

Maka … GARING lah dia … !!! (cengar cengir sendiri mati gaya … mati kata …)

 

Pertanyaan selanjutnya adalah …

Lawakan apa … Cara yang bagaimana … kepada pendengar yang seperti apa … dan pada Saat kapankah … yang disebut ”TEPAT” itu …??? …

 

Ooohhh itu ndak bisa diterangkan sodara-sodara …  Ini adalah ”BAKAT” … !!!

                                                                                   

Q : kok trainer ujuk-ujuk cerita tentang ”JAYUS” ???

A : mmmm  …mmm … yyaaaaa gitu deh …

.

.

 

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

32 tanggapan untuk “JAYUS

  1. huaaaa… aku bisa nebak, barusan bapak pelatih yg satu ini lagi melawak dg cara yang salah, di tempat yg salah dan kepada orang yg salah… benar gak?

    kira2, tebakanku ini lucu gak pak?
    ouw…? salah ya? tidak pada tempatnya ya? ditujukan kepada orang yg salah ya? doh… aku jayus dong…. hehehe… 😀

    1. ouw… aku pertama ya…?
      sungguh ini adalah anugerah terindah yang pernah kumiliki… halah! lebay nian…. huahaha… 😀

  2. dan mas trainer mempunyai “bakat” jadi “pelawak” (dan tertulis di blog loh – ngelawak lewat blog) yang tidak “jayus” sehingga tidak “garing” (kayak kacang aja hihihi).

    BTW “jayus” ini satu keluarga sama Reni Jayusman ngga?

    EM

  3. Om juga berbakat jadi pelawak nih…
    Postingan-2an Om paling ngga udah membuat bibir para pembaca tertarik ke atas.. 🙂

  4. Lala tau tuh, asal muasal kata Jayus. Eh, bukannya waktu itu udah pernah aku ceritain, ya, Om? 🙂

    Yang pasti, sama seperti pemahamanku soal nasehat, dimana nasehat tidak akan nasehat kalau seseorang sedang tidak membutuhkannya.
    Begitu pula dengan guyonan; nggak bakal jadi lucu kalau orang lagi ada di situasi nggak pingin denger lelucon apapun.

    Ngono lho, Om..

    Btw, kangen euy……. 😀

  5. Mood orang yang mendengar dan memirsa juga menentukan Bos. Istriku tiap malam tertawa terbahak2 saat menonton OKB. Tapi aku tak bisa tertawa sedikitpun. Ini apakah lawakannya yang jayus atau akunya yang lagi nggak mood ya? Atau udah ilfil ngeliat pelawaknya karena tiap hari ngeliat dia terus…

  6. saya termasuk jayuser kali ya om.. paling ga bisa nyeritain ulang suatu lawakan dan bikin ketawa yang denger.. yang ada saya yang cerita dah ketawa, yang dengerin malah bengong 😀

  7. Waduuuh sediih bgt dech kalo jadi si jayus…
    rasanya gak enak bgt (pengalaman pribadi hahaha)

    Tapi biasanya kalo ada yg jayus untuk menjaga perasaan ya tetep ketawa.. kasian kan orangnya 😉

    Om bakat melawak koq 🙂

  8. Pernah mati gaya ya Pak?
    Kalau aku sih, kupaksa para pendengarnya tertawa. Kalau perlu kugelitikin biar kegelian & ketawa. Akhirnya semuanya pun ketawa. Hehehehe…

    *gelitikin diri-sendiri*

  9. Kalo ada jayuser sedang cerita tapi gak lucu aku suka bayangin yang lucu-lucu, jadi akhirnya aku ketawa juga. Kasian kan klo gak ketawa? Malah kadang si jayuser bingung wong ternyata dia gak ngelucu kok aku ngakak? Lhooo…..

    (*sing edan sopo?*)

  10. Setuju banget Om..jayus = garing
    Om tau Jaya suprana???
    Dulu banget dia pernah bawa acara Judulnya Jaya Suprana Show, kalo gak salah ada di TPI…

    Dia suka banget bikin lawakan yang menurut dia lucu dan bikin dia ngakak sendiri. Padahal???
    Bahkan bintang tamunya aja sering gak ngerti dia ngapain? hihihi..Nahh..kalo gak salah dari itu dehh Om..kan mirip mirip tuhh 😛 Jayus = Jaya suprana…

    Wakakakak..kok komenku jadi jayus gini ya om??? kekekekek

  11. Q : kok trainer ujuk-ujuk cerita tentang ”JAYUS” ???

    A : mmmm …mmm … yyaaaaa gitu deh …

    Abis ngejayus ya, Om? :mrgreen:

  12. iya sih, udah ngerti apa arti jayus…

    tapi gak pernah kepikir untuk mendeskripsikan lebih lanjut…

    hehehe…tapi bener tuh semua yang ditulis Om…

    perlu waktu yang tepat, kepada orang yang tepat, dan cara yang tepat… harus kombinasi ketiganya…. baru bisa lucu…

  13. Jayus? Tak pikir jeneng wong lho Om …
    Tapi betul banget, ngelawak itu nggak gampang. Kalau nggak sukses, malah ngenes jadinya. Makanya, saya nggak berani ngelamar jadi pelawak, takut diketawain (lho, berarti lucu dong?)

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s