Posted in MUSIK

EEEE … AAAA …


.

Ini adalah teriakan yang khas … sering kita dengar diteriakkan oleh para penonton yang sedang menonton langsung acara komedi terkenal di salah satu TV swasta.

Teriakan ini biasanya secara serempak dinyanyikan oleh para penonton mengiringi para sinden *entah Dewi Gita, Giselle, Winda atau yang lainnya, ketika menyanyikan lagu tertentu.  Pula diteriakkan ketika Sule, Andre, Nunung sedang menyanyi lagu yang mereka kenal.

Saya senang mendengarkannya … karena secara tidak sadar … sebetulnya Para Artis tersebut … sedang mengajarkan kepada penontonnya … kepada kita semua … bagaimana mengikuti ketukan birama suatu lagu …

Ya … ini sepertinya sederhana … namun teriakan EEEEE … AAAA … itu adalah melambangkan ketukan-ketukan nada Birama Empat Per Empat … EEEE … itu akan dinyanyikan sepanjang empat ketukan … lalu diakhiri dengan AAAA … (aaaa ini jatuh pada ketukan kelima atau ketukan pertama pada birama berikutnya … dilanjutkan EEEE lagi pada ketikan pertama lagi … (demikian seterusnya)

Halah Teknis amat yak ?

Ya … memang begitulah kurang lebihnya. 
Menurut apa yang pernah saya pelajari dulu, waktu saya masih bekerja di Yayasan Pendidikan Musik Vokal untuk anak-anak… mempelajari ketukan ini sangat penting artinya untuk mengenalkan pada kita semua pada Birama … atau Irama … struktur utama sebuah lagi.

Namun perlu diingat teriakan … EEEE … AAAA … ini hanya berlaku untuk Lagu-lagu dengan Birama 4/4  saja …

Kalau lagu dengan birama 3/4 … saya rasa akan janggal bunyinya … akan nggak pas bunyinya …

Contoh Lagu dengan Birama 3/4 itu apa Om ?
Oh banyak …  Lagu-lagu Waltz untuk berdansa itu … semuanya 3/4 …

atau kalau mau contoh yang lebih sederhana …. Simak lagu berikut ini …

DESAKU (cipt : L Manik)

(this is not for commercials)

Salam saya

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

62 thoughts on “EEEE … AAAA …

  1. waduh ga nyangka tuh… teriakan seperti EEEE dan AAAA bisa jadi teknis seperti itu ya… tapi kalau di perhatikan baik baik sebenarnya sih cocok juga ya… sangat teliti pengamatannya mas… mantap.. jadi pengen memperhatikannya dengan baik kalau ada yang teriak teriak seperti itu…

  2. waahh penggemar OVJ neh..

    si Om ampe segitu detailnya, di pelajari pula..*gelenggeleng*
    Aku paling semangat Om neriakkin EEE…AAA….

    *biasanya lagunya Wali yang suka pake teriakan gitu juga, ama Melinda Aw..Aw..Aw..* qiqqii…

    1. kalau Om Nh pengamat OVJ, Teh Nchi pengamat Wali dan Melinda, saya kebagian apa ya? Yo wis, saya ta jadi pengamat Om Nh dan Teh Nchie ajah.🙂

      Tapi betul juga, teriakan Eee…Aaa.. sekarang juga sering terdengar di berbagai pertunjukan musik.

  3. *asiikk, Desaku mengalir merdu, kembali..😀

    ntar malam aku perhatikan lagi, om..
    ud lama gak ngikutin OVJ krn sinyal-nya sering putus-putus.

  4. Waduh Om, dari dulu saya ga ngerti tentang ketukan. Apalagi ada ketukan yang jatuh pada ketukan kelima atau ketukan pertama pada birama berikutnya. Makin ga mudeng Om…. Nyerah deh…he3x.🙂

  5. hm…klo telinga pemusik yg mendengarkan…memang jadi beda dengan telinga awam ini..hehe… *untuk lagunya blom bisa buka…ntar dirumah aja ah…*

    1. klo untuk lagu yg dicontohkan ini…emang lebih pas dinikmati dengan ‘merem melek’ dan bukannya teriakan eee…aaa… hehe… siip deh.. ditunggu contoh lagu2 lainnya ya pak…

  6. kadang saya menyukai hal seperti… tetapi lama kelamaan menjadi sebuah hal yang menggangu saat saya mendengar acara tv tersebut sedang berlangsung…

    biasanya teriakkan tersebut pada saat lagu dangdut/melayu biasanya…hehe

    Di tunggu kunjungan baliknya yah..

  7. terakhir kali belajar ketukan2 kaya gitu pas SMA…..dan skrng entah dsimpend memori bagian mana deh :p , dan ternyata baru inget klo EEEE AAAA itu bukan cuma bkin lucu tapi emang pembelajaran juga hehehheeh

  8. ternyata oh ternyata sekedar teriakan eeee….dan aaaa…
    itu bukan sembarangan teriak ya Mas….🙂
    bagi orang2 yg mengerti ttg musik, ini adalah salah satu cara utk memperkenalkan birama atau irama …..🙂
    sederhana….tapi mantaff ya Mas ….
    salam

  9. Ini memperkenalkan biarama ato memperkenalkan kecanggihannya, Om?
    Om, mainin Sio Tantina dong, Om. Itu lagu enak bener😛

    (sudah ngatain, request lagi, kaboooorrr😀 )

  10. kereeeeeennn….
    pelajarannya dapet..
    inti narsis eylekhannn nya gak ketinggalan.. hihihi…

    salam sayang Oom..🙂

  11. kalo suamiku ngga suka lihat aku nonton OVJ, pasti channelnya langsung diganti hihihih….ternyata teriakan eeee aaaa itu ketukan birama 4/4 toh (baru tau hihihi….)

  12. Saya baru tahu kalau teriakan EEEE….AAAA… itu tidak cocok kalau untuk lagu dengan birama 3/4. Sepertinya iya ya. Sumbang kalau lagu 3/4 itu pakai eee…aaa….
    Terima kasih, infonya menarik. Saya musisi pemula.

  13. Menarik sekali postingannya. Saya baru tahu kalau teriakan EEEE…AAAA… itu tidak cocok kalau lagunya berirama 3/4. Sepertinya iya ya.
    Terima kasih atas infonya.

  14. ini pengetahuan baru bagi ak u, sepengetahuanku eee aaaa…itu ungkapan ketidakpercayaan aja….seperti kalo Tukul ngomong gimana…terus penonton teriak Eee aaa….Om kenapa tulisan di blog Om makin kecil, maklum mataku mulai minus agak kesusahan bacanya

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s