MODUL TERBERAT


Ini mengenai materi training.  Ada modul Training yang mudah, ada pula yang relatif BERAT.

Aku ingin menceritakan modul training yang relatif berat dan sulit.

Ada sebuah Modul yang wajib dikuasai oleh para Manajer di perusahaan ku.  Modul ini semacam MKDU wajib di perusahaan multy nasional kami.  Modul ini diajarkan pula di negara-negara lain, dimanapun tempat afiliasi perusahaan kami berada.

 

Sebut saja nama Modul ini adalah ”XYZ”.  Kebetulan aku termasuk satu dari empat orang di afiliasi Indonesia yang disertifikasi untuk menjadi Trainer Modul ini.  (Aku tidak tau berapa total jumlah Trainer yang sertified untuk modul ini di seluruh dunia).

 

Modul ”XYZ” ini dilakukan 4 hari … dan satu batch hanya boleh berisi tidak lebih dari 24 Trainee saja.  Pesertanya adalah para Manajer yang berasal dari seluruh bagian yang ada di Perusahaan kami.  Operation, Finance, IT, Corporate Communication, GA, HR, Sales, Marketing, R&D, dan sebagainya.  Dari seluruh Indonesia.  Dicampur.  Diversified … !!!

Jika tidak salah hitung … sampai hari ini … total aku sudah melakukan training ini sebanyak 16 kali. (Hah muntah, muntah deh … !!!).

 

Mengapa Berat … ???

Karena didalam training ini, para Trainee diminta untuk melakukan diskusi dan presentasi Case Study sebanyak 3 kali.  (ah itu kan enteng … cuma tiga kasus inilah)

But wait … It requires a very long discussion … sampai tengah malam.  Bahkan sering kali aku menemukan Team yang baru menyelesaikan pekerjaannya jam 5 pagi … Ya Jam 5 pagi sodara-sodara …  Mekanisme pengerjaan case study tersebut memerlukan mereka untuk dengan seksama melakukan analisa-analisa yang diperlukan.  Dan harus dikerjakan bersama secara Team … Itu sebabnya … semua (Trainer dan Trainee) required untuk menginap di Hotel … tidak terkecuali yang bertempat tinggal di Jakarta.  (Tidak diperkenankan pulang … karena memang tidak akan punya kesempatan untuk Pulang …).

 

Sebetulnya bagi Trainer … ini adalah materi teringan … karena tiap hari praktis hanya membutuhkan 2-3 jam memberikan materi presentasi inclass session … sisanya mereka akan dilepas ke kelompok masing-masing … bekerja dan berdiskusi membahas Case Study itu … ( … yang kadang sampai jam 5 pagi itu tadi …).  Dan bayangkan … jam 8.00 paginya mereka harus siap kembali untuk mempresentasikan hasil pekerjaan mereka … (tentu dengan mata merah, kurang tidur dan … exhausted …).

 

Tapi herannya … dari feedback, komentar dan evaluasi training yang kami kumpulkan di akhir training … justru training Modul ”XYZ” ini lah yang menurut mereka benar-benar aplicable dan sangat berguna bagi mereka … dan memberikan manfaat untuk mendukung pekerjaan mereka sehari-hari sebagai Manajer … dan mereka puas dengan Training ini …

 

Dan Modul ”XYZ” pun menjadi bahan perbincangan mereka … yang tidak jarang membuat iri Manajer lain yang belum berkesempatan mendapatkan training ini …

Membuat mereka penasaran dan selalu bertanya kepadaku ….

”Pak NH kapan nih giliran kita di training ”XYZ” itu … pengen tau kayak apa sih, kok temen-temen pada heboh membicarakannya …”

*seakan belum sah menjadi Manajer di perusahaan kami ini,  jika belum mendapatkan Modul XYZ*

 

(Dan yang juga menarik diamati adalah bagaimana dinamika mereka dalam bekerja secara Team work … mereka belum pernah bekerja sama satu sama lain … bahkan ada yang baru kenal pada saat training itu saja …). 

(Seru pren … Berantem ??? Ngotot ?? Storming … itu pasti …)(dan disinilah ”seni” nya …)

Penulis: nh18

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

14 tanggapan untuk “MODUL TERBERAT”

  1. Kalau materinya menarik dan exclusive seperti modul “XYZ” yang diceritakan sampai jam lima pagi juga masih semangat. Kalau yang tdak menarik tidak sampai jam lima pagi mungkin jam 5 sore sudah capek. terimakasih

  2. Wah, dahsyat nih training.
    Bisa dibagi2 dong ilmunya Bos.
    Aku dapat menduga2 mengapa training ini menarik.
    Yaitu, karena semua peserta terlibat dalam diskusi pemecahan kasus sehingga mereka aktif dan tidak hanya mendengar.
    Kalau mendengar saja kan biasanya lama2 mengantuk karena peserta pasif.

  3. XYZ?
    sounds like blue film ya om?

    *jangan dijitak dulu atuh om*

    btw, modul kaya gimana tuh om.
    mau duonk ikutan? tapi kudu jadi manager dulu ya disono?

  4. ‡ñdåh måñµ$îå kå®èñå åkhlåk, ‡ñdåh bµlåñ kå®èñå ¢åhåýå, ‡ñdåh Þè®$åhåbå†åñ kå®èñå

    kèjµjµ®åñ, ‡ñdåh ¢îñ†å kå®èñå kå$îh $åýåñg dåñ ‡ñdåhñýå ‡ÐÚ£ F‡TR‡ $ålîñg bè®mååƒåñ.

    Tåqºbålållåhµ Mîññå Wå Mîñkµm, $hîýåmåñå wå $hîýåmåkµm

    Ðèñgåñ $ègålå kè®èñdåhåñ hå†î, Rîvå Fåµzîåh bè$讆å Kèlµå®gå mèmºhºñ mååƒ låhî® dåñ

    bå†îñ µñ†µk $ègålå Kèkhîlåƒåñ & Kè$ålåhåñ, µñ†µk £î$åñ ¥åñg Tåk Tè®jågå, Hå†î ýåñg

    Tè®åbåîkåñ, §îkåÞ ¥åñg ¶è®ñåh Mèñýåkî†kåñ. §Ê£ÁMÁT ‡ÐÚ£ F‡TR‡ 1 §ýåwål 14²9 H

    §µk$è$ $èlålµ dåñ $ålåm då®î ߣØGGÊR Çîåñjµ®

  5. Berat or ringan,.. XYZ modul itu..lupakan sejenak..COZ..
    ………………………………………………………………………………

    “SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR BATHIN”

  6. Iya neh curang, trainernya “nyatai” traineenya sampai klenger!!!

    Aniwei… kesanku sama dengan yang lain, berat tapi mengasyikkan!!!
    Dan yang paling penting bermanfaat.

    wah XYZnya kbuka dong dalam tulisanku.

    btw waktu ikut, aku bukan manager lho om NH18 he..he..

any comments sodara-sodara ?