Diposkan pada TRAINING

THE TEAM


(tulisan ini aku dedikasikan khusus untuk Anin, Kat, Rere, Rini dsb … orang-orang dibelakang layar … yang turut serta mendukung keberhasilan suatu penyelenggaraan in class training …)

 

 

Trainer tidak sendirian dalam melakukan aktifitas in class training sessionnya.  Ada beberapa orang lain yang turut membantu kelancaran jalannya suatu training.

Dan … Ini adalah beberapa fungsi tersebut …

 

Co-Trainer …

Co trainer adalah orang yang membantu Trainer dalam mendeliver suatu Materi Training.  Memang tidak semua modul mewajibkan kita untuk mempunyai Co-Trainer.  Namun ada banyak Modul-modul yang berat yang harus dilakukan dengan dua orang trainer secara bergantian.  Ini untuk menjaga agar konsentrasi Trainer tetap fokus.  Interaksi dengan peserta pun tetap tergarap optimal. 

Menjadi Co Trainer juga bisa berguna untuk ajang latihan bagi Trainer-trainer pemula.  Disini dia mengajar secara ”Tandem” dengan Trainer seniornya …

 

Administrator …

Fungsi ini biasanya dipegang oleh Training Executive atau Sekretaris …

Tugasnya memastikan seluruh proses administrasi Training terhandel dengan baik.

Mulai dari mengirimkan undangan, booking akomodasi, seating arrangement, perbanyakan hand out, alat pendukung, stationery, dokumen-dokumen pendukung, Name Tag, … sampai kadang membantu peserta Training untuk booking dan re confirm ticket.

(Seperti diketahui … khalayak customer Training ku terdiri dari para Karyawan di Departemen Marketing yang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia …)(Travelling arrangement menjadi sangat penting disini …).

Konsumsi Snack … makan siang dan sebagainya … juga dihandel oleh Administrator ini.

Ibarat kata … kalau si Trainer bertanggung jawab masalah ”soft ware” materi training … nah … mereka ini bertanggung jawab penuh atas ”hard ware” trainingnya …

 

Banquet Team …

Nah kalau ini .. khusus untuk training-training yang dilakukan di ruang meeting di suatu Hotel.  Pihak pertama yang akan kita pegang duluan adalah Banquet Teamnya.  Mereka lah yang akan membantu Administrator dalam penyediaan sarana training di Hotel.  Mereka jugalah yang memastikan bahwa … listrik, audio, pencahayaan, pendingin, makanan, snack, refreshment dan sebagainya … semua tersedia dan berjalan sebagaimana mestinya

 

Ada satu Hotel di Jakarta yang saking seringnya kami mengadakan Training di sana … sampai hafal benar dengan Namaku … Hafal benar dengan requirement yang aku butuhkan.  Hafal benar pula dengan kebiasaan-kebiasaanku.  Jika mereka melihatku sedang standby di kelas.  Tim mereka pasti otomatis akan bertanya padaku … ”Mau Teh ”English Breakfast” panas manis pak ????” …”Dua gula kan pak ???”

(ah hebat sangat …)(Sampai sedetil itu …)

 

Mereka sudah tau apa yang harus mereka kerjakan … Malah mereka juga kadang mengingatkan kami jika ada hal yang lupa kami lakukan … atau agak berbeda dengan yang biasa-biasanya … (hahahaha)

 

Kelihatannya sepele …

Namun percayalah … tanpa kehadiran mereka-mereka itu … niscaya Session In Class Training tidak akan bisa berjalan dengan baik … sehebat apapun Trainernya …

 

Managing Training … is all about Managing The Team Work … !!!

Ini kerja kolektif bung … !!!

 

(So … Anin … Kat … Rere …Rini …  juga Cristo, Pak Subur, Pak Halim dkk… Let’s Rock and Roll !!!)

.

.

.

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

21 tanggapan untuk “THE TEAM

  1. Tim dibelakang layar memang penting….
    Istilahnya adalah bagaimana menjadi seorang follower yang baik (jika kebetulan kita sebagai nggota tim), dan bagaimana menjadi leader yang baik (jika kita sebagai ketua tim).

    Tanpa kerja sama semuanya, maka suatu training tak akan terselenggara dengan baik.

  2. iya om,
    saya juga yang trainer kecil2an dan amatiran (iran banget, bukan iraq lho ya om) ada yg support soal mastiin peserta, lampu, sound, konsumsi. bahkan soal ngingetin,
    “pak besok ngisi pelatihan.”
    “oiya?”
    kemudian mikir, materinya apa?
    udah gitu, blogwalking…
    dimulai dari teras om.

  3. Yesss…Team yang kuat membuat perusahaan makin kencang melesat, Team yang sidikit malah berpeluang gulung tikar perusahaannya. Beruntunglah kita muncul diantara team yang sama2 memperkuat pondasi perusahaan.

  4. hay Om…

    selalu menyenangkan untuk di hargai oleh orang lain…

    bukan ..bukan di harga artinya.

    “lo mau gue beli berape!?!?” hehehe

    cuma persis seperti tulisan om ini….

    Ornag orang di team itu pasti merasa beruntung punya orang seperti mu om 🙂

    like always om …love you much

  5. heheh..team yg bener-bener solid. Mbak Anin you’re the best bgt lah,Pit Stop Semarang The Best Training I’ve ever had..hehe. mbak Cat jg ok kok yg selalu mahal bgt smilenya tp penuh dengan segudang ilmu..Keep the spirit Beh..

  6. Iya bahkan di event sederhanapun perlu kerja sama, koordianasi, efektivitas individu dalam team … dibutuhkan saling menunjang dan melengkapi agar sukses….aw Selamat atas team work solidnya mas

  7. @ pak Oemar

    kita yang dosen tahu diri lah
    gimana bisa buat team? emang harus individual.
    sama TA aja susah komunikasinya
    abis TA nya cuman ngejer honor arbaito.

    @mas trainer:
    silakan pak Trainer teh panas manisnya diminum….
    blend khusus CHAI (inggrisnya “Spicy Tea”)
    maaf cuman numpang meninggalkan jejak aja.

    EM

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s