LEMBENG


.

Maaf …

Lagi-lagi ini bahasa Jawa sehari-hari …
Khususnya Jawa di bagian Timur …

Pengucapannya adalah LEM (seperti ucapan untuk Lem / alat perekat)
Dan BENG itu dilafalkan seperti menyebut Obeng …

Istilah ini saya dengar ketika saya bermukim di Surabaya sekitar tahun 91 – 97.

Lembeng itu bukan Tombak … (itu Lembing …!)
Lembeng itu bukan Lurus … (itu Lempeng …!)
Lembeng itu bukan Lunak … (Itu Lembek …!)
Lembeng itu pun bukan kesenian Betawi … (Itu Ondel-ondel … !!!)
(Jiaahhh jauh amat plesetannya … )

Ada yang tau artinya LEMBENG … !

Udah gitu aja …

Salam saya

About these ads

34 pemikiran pada “LEMBENG

    • uih… dpt euy!!

      lembeng?? wah gak tahu om? apa ya?

      yg aku tahu sih:
      makanan dari ketela :) …. ciah tahunya makanan lagi. Itu lempeng tahu!!!

      salam,

  1. nyerah om, nanti saya tanya suami dulu; )

  2. Kalo setahu saya, yang udah setahun di Surabaya.. lembeng itu sebutan untuk ke”banci-bancian” alias cowoknya genit-genit. Setahu saya looh.. setipe dengan sebutan “endhel”

  3. genit / kemayu kah?

  4. lembeng, seingat saya kaya “cemen” wkakakakakaak….

    lemah, cengeng, cewek banget, pemalu, dll…

  5. Bukannya itu Nama Tempat Peneropongan Bintang Om?

  6. Yang Boscha itu lho Om… :D

  7. Opaaa..

    Lembeng = Alay
    :P

  8. hhmm…hmm..
    ‘ih muka nya dia datar banget, lembeng gituuuu….’

    (jayus yah?)

  9. setau saya, sebagai orang surabaya, lembeng itu bisa berarti:

    1. genit/kemayu – misalnya cewek yang suka bermulut manis/ngomongnya manja2 gitu atau yang gayanya terlalu gemulai, atau cowok yang rada melambai… nah itu kita bilang lembeng.

    2. sok gaya – misalnya orang yang diajak makan di warung gak mau, maunya makan di restoran ber AC, nah kita biasanya suka bilang: ‘ah lembeng kamu, masa gitu aja gak mau…’

  10. Huwah jujur kulo mboten ngertos oom trainer, walau saya jawi wetan, tapi dialek atau ragam bahasanya beda antara surabaya dengan blitar (rumah asal saya)

    • Menurut saya,seputaran Blitar,Kediri,Tulung Agung,Bojonegoro,Madiun dan sekitarnya itu lebih cenderung ke Jawa Tengah dalam hal bahasa. Jadi cenderung halus. Sering tidak paham istilah dari Jawa Timur daerah tapal kuda.

  11. Haa haaa haaa haaa
    Oh bahasa surabaya nya banci itu lembeng toh
    *ambil kesimpulan sendiri*

  12. waktu SMA saya punya temen cowok yang dipanggil lembenk/lembeng sama temen2nya. Kira2 lembeng itu artinya lemah gemulai kalaee yah? soalnya temen cowok saya itu kurang macho orangnya……hehehehe

  13. Maaf, Om. Denuzz beneran gak tahu nih apa artinya… :(
    Maafin ya, Om…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  14. kayaknya artinya rada2 kebanci2an gitzu deh weiceh…. :)
    salam

  15. lembeng itu salah satu jenis kerupuk terbuat dari beras yang warnanya cokelat.

  16. lembeng itu kalau menurut saya adalah cowok yang bergaya gemulai tapi belum banci, hanya menyerupai banci. Gayanya gemulaimeskipun dalam dirinya tetap berusaha menjadi cowok, tapi (saya) yang ngelihat kok rasanya dipaksakan gagah padahal tetep gemulai. Gerakannya dan suaranya belum bisa dibilang banci karena dia tetep berusaha menjadi cowok, dia tetep cowok.
    Malah ada beberapa yang memakai riasan wajah meskipun sedikit, cowok pesolek biasanya lembeng.

  17. Ternyata ‘lembeng’nya melebar kemana2…
    Masing2 mendefinisikan sesuai selera…
    Jan asyik tenan!
    Ini baru lembeng, belum yang lainnya

  18. Saya jelas tahu arti kata itu, mosok wong Jowo gak tahu.
    Lembeng bisa diartikan kemayu atau genit.

    ” Arek iki jik cilik tapi lembeng pwol, deloken tah, lambene abang mbranang kakehan benges “.
    ” Engko Nek nonton ludruk koen ojok lembeng-lembeng, di saut arek2 kapok koen “, ini pesan emak kepada anak gadisnya.

    Salam hangat dari Surabaya

  19. udah dijawab pakde deh :D

  20. Aduh,,apa ya Om??
    aku sering denger..tapi susah mendeskripsikannya
    lembeng itu apa semacam kenes gitu ya?
    hehehehe

  21. Mohon maaf Pak NH, saya tidak begitu ngerti dengan istilah2Jawa. Tapi lucu juga dengan istilah2 itu Pak……yang pernah saya dengar juga ada BANGJO (adalah Abang = Merah dan Jo = Ijo, yang dimaksudkan dengan lampu merah), kemudian dan Polwan yang diplesetkan dengan Polisi Wedok…ada-ada saja.

  22. yang saya tau Gembeng, Om!
    Gembeng itu suka nangis, kalo Lembeng apa ya?!

    mungkin Lembeng itu masih sodara sepupu ma Gembeng kali ya???

  23. baca2 komen2 di atas bikin ketawa…

    kalo saya baru tau istilah lembeng Om..
    beneran
    mungkin karena itu jawa timuran kali ya

  24. Lembeng? hmm… klo mnurut saya.. kira2 sama deh Om sama “Klemar-Klemer”..
    Makin ga jelas yah? hehehhe!

    Hmmm gimana ya ngejelasinnya? yaah pokonya sikap yang ga sigap lah, ga cekatan gitu om.. misalnya gini nih om “iiih jadi anak laki kok Lembeng/Klemar-Klemer amat sih!”
    mudah2an cukup jelaas! heheh..

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s