JUMLAH MURID IDEAL


.
Berapa jumlah murid yang ideal dalam satu kelas ?

.

Sabtu, 4 Agustus 2012
Hari ini saya menghadiri pertemuan orang tua wali murid di tempat si Bungsu bersekolah.  Agendanya seperti biasa adalah perkenalan dengan guru-guru, manajemen sekolah dan komite sekolah.  Dan juga pemaparan program belajar mengajar di kelas 7 Madrasah Tsanawiyah.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab.  Para orang tua diberi kesempatan untuk bertanya.
Ada yang menarik perhatian saya.  Ada satu orang tua murid yang bertanya mengenai jumlah ideal murid dalam satu kelas !  Dan orang tua murid tersebut pun sedikit curhat bahwa anaknya bilang … kelasnya berisik … susah konsentrasi katanya … karena jumlahnya (menurut dia ) terlalu banyak.

Saya tidak akan mengemukakan jawaban yang diberikan oleh pihak sekolah disini.  Saya pribadi merasa … jumlah murid dalam satu kelas di sekolah anak-anak saya masih wajar-wajar dan OK-OK saja.  Bahkan sejak anak pertama saya bersekolah disini pun jumlahnya ya sekian … aman-aman saja … tak ada komplain …

Kalau boleh sedikit bercerita … Sejarah saya bersekolah.

Jaman saya SD … jumlah murid sekelas saya adalah sekitar 34 – 37 orang siswa saja.  Di SMP pun demikian … jumlahnya berkisar segitu.  Di SMA … ??? Naaahh ini … satu kelas waktu di SMA itu seingat saya berkisar antara 40 sampai 42 orang.  Lumayan banyak.  Saya bersekolah di SMA negeri yang memang banyak sekali muridnya.  Dan saya merasa … ketika di SMA itu … kelas terasa penuh banget.  Tapi alhamdulillah saya tetap survive dan bisa lulus dari SMA itu.  Bagaimana dengan kuliah ???? Naaahhh ini lebih banyak lagi … satu kelas bisa sampai 120 lebih … !!! hahahaha  (ini mungkin tergantung dari jurusannya ya ??)

Yang jelas … saya tetap masih penasaran.  Berapa sih jumlah murid ideal dalam satu kelas itu ???

Kalau boleh … saya ingin bertanya kepada Bapak – Ibu yang punya anak / keponakan yang sudah sekolah … :  Berapakah jumlah murid di dalam kelas anak-anak Bapak-Ibu ???

Atau mungkin teman-teman bisa bercerita … waktu sekolah dulu teman sekelas ada berapa orang ? Nyamankah jumlah tersebut ?

Atau kalau kebetulan para pembaca ada yang berprofesi sebagai Guru (seperti Pak Marsudiyanto misalnya)… mungkin bisa sharing kepada kita semua … Berapa jumlah murid ideal dalam satu kelas ?  Apakah pemerintah mengeluarkan peraturan … mengenai syarat  jumlah maksimal / minimal siswa dalam satu kelas ?

Boleh sharing tak ????

Terima kasih sebelumnya ya … !

Salam saya,

.

.

About these ads

38 pemikiran pada “JUMLAH MURID IDEAL

  1. Sekolah jagoan kami mengelola 40an siswa per kelas, yang di sekolah swasta sekitar 30an. Melalui pengelolaan kelas anak-anak juga belajar saling bertenggang rasa, membangun ketrampilan berkonsentrasi saat suasana sedikit gaduh. Salam

  2. Di Jepang setahuku max 30-33 orang untuk SD ya. Karena itu kelas 1 tahun ini menjadi 4 kelas, meskipun kelas 2-3-4-5-6 nya hanya 3 kelas.

    Untuk sekolah bahasa sih idealnya max 20 orang, makanya waktu aku mesti pegang 60 orang jadi keteteran deh. Tidak bisa mendalam gitu.

  3. Kalau aku dulu sekolah dinegeri om.. jaman SD seh 25-29 siswa gt deh.. soalnya sekolah dasar kan banyak tuh.. tiap gang ada.. jd bs mengakomodir masyarakatnya..

    Nah klo SMP sepontianak negerinya cuma 20 waktu jaman aku.. jumlah siswanya 40org.. gak komplen seh.. wong emang gt semua sekolah.. kecuali swasta yg kurang terkenal biasanya makin sedikit jumlah muridnya..

    Di SMA lebih lagi.. jumlah negerinya ada 9 sekota.. bejubel lah satu sekolah.. tapi tetep max 40 seh.. sekarang yg aku denger di SMa aku karena ada pembangunan kelas baru yg dulunya 40 jadi 32 aja skrg.. dan aku asyik asyik aja.. lulus juga dg nilai yg memuaskan , hehehehehe..

  4. Jaman ny sekolah dulu om, SD-SMP-SMA negeri..kelasnya selalu 35 – 45 orang..gak masalah sih..

    Sekarang, anak2 Ny di sekolahnya isi kelas selalu dibawah 35 org, kelasnya abang isinya cuma 20-25 orang, si adek 34 orang saja (di buat 4 kelas, masing2 34 org, satu kelas 2 guru sampai kelas 3 nanti). Tetap aja suka bilang kelasnya berisik. Mungkin cara belajar sekarang beda ya om, sama cara belajar di kelas jaman dulu?

    Kalo menurut Nenny, anak2 sekarang jauh lebih aktif dari jaman Ny dulu dan guru2 juga gak bisa galak2 amat karena bisa dimarahin sama komnas anak :D..jadi ya emang isi kelas 20- 30 orang aja kali ya om? Tapi ya tergantung gurunya juga sih..kalo gurunya asyik ngajarnya, pinter nyari perhatian muridnya..ny rasa isi kelasnya berapapun jadi gak masalah..

  5. Di Indonesia, kita punya Standar Nasional Pendidikan yang salah satunya adalah Standar Proses. Di dalam Standar Proses tersebut juga disebutkan tentang persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran yang salah satunya adalah jumlah maksimal siswa dalam satu rombongan belajar, sebagai berikut.
    a. SD/MI: SD/MI : 28 peserta didik
    b. SMP/MT : 32 peserta didik
    c. SMA/MA : 32 peserta didik
    d. SMK/MAK : 32 peserta didik
    Jumlah tersebut pastinya sudah melalui penelitian dan kajian yang panjang oleh para pakar pendidikan di BSNP yang menyusun standar tersebut. Kalau maksimalnya segitu, tentu idealnya kurang dari itu, tetapi jumlah maksimal tersebut pun masih memenuhi range ideal. CMIIW. :)

  6. pengalaman waktu sekolah dulu:
    SD : 28-34
    SMP: 41 – 42
    SMA: 40 – 44
    Kuliah tergantung mata kuliah, berikisar 15 – 60
    oh ya, program studi saya, satu angkatan hanya 23 orang

  7. Kalo berdasar Standar yang ada di Sistem Pendidikan Nasional, jumlah maksimum adalah 32 Om. Tapi itu ideal secara Undang2.
    Dalam praktiknya masih banyak pertimbangan lain, khususnya dalam mengakomodir keinginan masyarakat.
    Masih banyak sekolah yang muridnya 40 bahkan lebih.
    Di sekolah saya saat ini juga menerapkan yg 32 ini.
    Tapi ideal atau tidak, semua kembali ke pengelolanya.
    Mau 20 anak per kelas kalau salah kelola ya bisa saja nggak kondusif. Sebaliknya satu kelas 50 siswa kalo metode dan kulturnya mendukung ya nyaman2 saja.
    Susah memang kalo bicara soal ideal.
    Sama seperti bikin posting, nggak pernah ada batasan berapa kata agar sebuah postingan dikatakan ideal.

    1. Betul sekali pak Mars …
      bagaimanapun … semua itu yang memegang peranan penting adalah gurunya …
      walaupun cuma 10 muridnya … tapi kalau cara mengajarnya nggak asik … ya tetep saja nggak asik …

      terima kasih Pak Mars infonya

  8. Kalau bicara tentang ideal sih rada susah yah Om…
    Karena sebagai orang tua sih aku pengen nya jumlah murid dalam 1 kelas gak terlalu banyak supaya anak kita diperhatikan…

    Hal ini juga yang menjadi pertimbangan utama aku, ketika cari SD buat Kayla…

    Sampai akhirnya aku memutuskan Kayla untuk masuk SD yang full day, Islami ber basis teknologi…karena jumlah murid nya dibatasi..
    Jumlah murid dikelas Kayla…kelas 2 ada 25 orang dengan 2 orang guru…

    Aku jadi berasa tenang….

  9. saat SMA dulu di kelas saya muride cuma 28 Om, tapi tiap hari hampir gak pernah full 28, pasti aja ada yang bolos. nah pas kelas isine pas 28 orang justru rasane malah aneh, soale kabiasaan jumlahnya gak pas

  10. waktu kuliah hampir samaan dengan om NH.. sekitar 120 orang.. saat praktikum dibagi kelas A dan B.. aku kelas B.

    kelas A rata-rata tekun semua,
    kelas B rada bandel.. :P

  11. aku baru tahu kalau ada standar nyaa,,
    waktu SD aku pernah masuk sekolah negeri , dan itu satu kelas 60 orang,,
    satu meja isinya 3 orang ,,parah yakk :D :D :D

  12. jaman sekolah dulu sih sejak sd smp sma rata2 isi penghuninya 40an anak deh om.
    gak pernah dibawah 35. gak ada masalah juga. tapi ya itu mungkin, karena pelajaran sekarang semakin susah dan bikin para ortu kelabakan ngajarin anak di rumah, sehingga pengennya guru lebih memperhatikan siswanya satu per satu. barangkali lho :D

  13. Kyknya sama sih kyk Om dari SD smp SMU, tapi menjelang kuliah, satu kelas awalnya 40 orang. tapi kemudian ada seleksi alam, hingga tersisa 26 orang saja hohohoho

  14. Saya tidak ingat pasti berapa jumlah siswa saat saya SMP dan SMEA dulu, Om. Tapi sepertinya memang berkisar antara 30 – 35 . Dan untuk sekolah Sabila sekarang jumlah santrinya 34 per kelas, sedang per asrama 10 orang, jadi menurut saya masih wajar dan layak untuk bisa belajar secara maksimal, tinggal bagaimana anaknya saja.

  15. kalau nursery sampai TK mungkin lebih dikit lebih baik…. karena anak-anak kecil membutuhkan perhatian lebih… 1 guru mungkin bisa handle 8-12 murid. kalau sudah SD-SMA mungkin lebih banyak.. tergantung konsep sekolahnya juga kali ya..

    makin bagus komposisinya makin mahal biayanya.. hehehehe

  16. saya dulu waktu SD sekelas isinya cuma 14 orang, jadinya kekontrol deh sama gurunya kalau ada anak yang males-malesan, hehehe.

    setahu saya jaman sekarang ada sekolah yang mana jumlah guru yang bertugas dalam 1 kelas adalah 2-3 orang. jadi mungkin yang perlu dikaji itu “berapa siswa yang dipegang oleh satu guru” kali ya.

  17. wkt sy sklh juga sekitar 40-an om.. Tp mslh jumlah ideal itu kalo kata sy emang kembali kepada org tua dg melihat anak2 juga.. Kalo utk anak2 sy, sy mencari sklh yg maksimum jumlahnya 25 siswa/kelas..

    Dan itu sebetulnya ketika kita mendaftar kita bisa bertanya ttg hal itu ke sklh.. Makanya ketika tahun ajaran ini kls nya anak sy (Keke) itu jumlahnya jadi 26 org karena ketambahan murid baru, trus ada org tua yg protes saat rapat org tua murid. Sy pikir protesnya itu wajar karena di awal kita mendaftar kan sekolah sudah menjajikan kalo muridnya per kelas tidak lebih dari 25 orang. Protes itu penting sebagi pengingat kpd pihak sklh supaya gak melanggar apa yg udah di janjikan.. Akhirnya terjadi kesepakatan kalo sampai ada ketambahan murid baru lagi akan buka kelas baru..

    Pas sy baca postingan om Her ini justru sy agak bertanya, org tua murid yg komplain itu sebetulnya dari awal tau gak berapa jumlah standar siswa per kelas di sekolah itu..

  18. waktu jaman saya SMA muridnya 48 orang om :) banyak ya. dikelasnya Pascal sekarang 30 orang max. kalau disekolah keponakan saya muridnya juga 30 orang cuma gurunya dalam tiap kelas 2

  19. Kalo SD 28 orang siswa sudah batas terbanyak untuk sekolah berakreditasi A. Kalo lebih dari itu, akreditasinya turun. Tapi kayaknya tergantung sekolahnya seperti apa. Di tempat saya yang SDIT gini notabene bayarnya mahal anak-anak yang biasa diurusin pembantu anter jemput mobil+supir jalan kaki dikit udah ngeluh kecapean, ya kelas kecil 28 orang satu guru bisa pingsan gurunya. Jadi untuk kelas kecil, 28 siswa itu dua guru kelas dan kelas besar (4-6 SD) satu walikelas. Kalo SD Negeri biasanya lebih mandiri.

  20. Kalau smp sma, sekelas maksimal 50 orang sepertinya ya, dan memang bisa dibilang susah konsentrasi kalau duduk dekat teman yg berisik atau hobi mengobrol. Tp berhubung guru saya dulu galak2 jadi anak2 ya diem dan konsen pas belajar…

  21. kalo saya waktu SD 40 orang ,SmP 38 orang , kalo Sma 27 orang ..
    dan yang pasti seru di sd dong serasa ikut kompetisi..
    dimana kalo dapet nilai tertinggi itu bangga banget soalnya bisa ngalahin 39 orang waaaaaaaaa jadi inget sekolah :(

  22. sama sih Oom, sekita 35-40an, asik2 aja tuh.. hehe, gak tau deh kalo temen2ku, soale aku yang biasa bikin rame kelas *mereka keganggu gak ya.. hahahha

    eh, yang paling ideal sih sebenere 2 aja Oom, cewek sama cowok.. hahah *kabooorrrrrrrrr…

  23. Guru saya pernah mengatakan begini, Om:
    “Dalam pembelajaran, metode lebih penting dari materi. Tapi, kemampuan guru jauh lebih penting dari metode”.

    Saya mengamini apa yang dikatakan guru saya tersebut. Bahwa, kreatifitas seorang guru yang mampu menaklukkan kelasnya adalah segalanya. Mau seberapapun jumlah murid di dalam kelasnya, jika ia memiliki kemampuan tersebut, insya Allah tidak jadi masalah.

  24. Ketika saya sekolah jumlah murid sekelas memaqng masih berkisar antara 25-35 dan itu memang masih kebanyakan.
    Yang agak lumayan ya sekitar 15-20 menurut saya lho.
    Salam hangat dari Surabaya

  25. Apa kabar Om, moga sehat dan pauasanya masih berjalan lancar.

    SD di dekat rumah saya kelas 1 aja muridnya 40 Om, sempet khawatir juga kalau Dini bisa masuk. Tapi ternyata Dini ngak di terima karna umurnya blm 7 tahun.

  26. maaf pak salah kamar kalo tanya soal jumlah murid yang ideal..
    di SD, jumlah muridnya ada 49 anak (saya ingat betul karena saya ketua kelas, hehe), tapi hampir setiap minggu pasti ada kerusuhan, entah ada yang berkelahi di dalam kelas, atau bahkan dengan kelas sebelah (entah kakak tingkat atau adik tingkat)..dan rasanya jumlah ini tidak pas, kebanyakan

    di SMA, jumlah murid ada 40 anak, rasanya untuk usia segitu (anak SMA) jumlah tersebut sangatlah pas..

    tapi di SMP, saya berada di kelas yang jumlah muridnya HANYA 9 orang, maklum, kelas akselerasi, percobaan pula.. tapi kalo dari kelas – kelas tetangga, jumlah muridnya ada 40 orang, dan saya rasa ini juga kurang pas, karena masih berisik..

    *kalo kuliah mah, tergantung dosennya.. :D

  27. Kalau jamannya saya SD s/d SMA di sekolah negeri, jumlah muridnya antara 40-50 per kelas, tapi sepertinya asyik2 aja kala itu.
    untuk anak sekarang sepertinya ‘aksi guru’ di depan kelas sangat menentukan, anak yg cepat bosan, bakal gak konsent kalau gurunya monoton.
    Junior di SDnya yg lama 20 orang per kelas dgn 1 guru. sekarang sekolah barunya 30 murid per kelas dgn 2 guru,, katanya sih lebih asyik sekolah yg sekarang :).

  28. Kalau saya Om kan sekolahnya di kampung, waktu SD sekitar 30-an orang,SMP sampai 40-an orang, SMA 45 orang, S1 tergantung mata kuliah (bisa lebuh dari 60an orang), S2 nya di Jakarta hanya 25 orang.
    Kalau anak saya Thalita SD berjumlah 29 orang satu kelas (kataya kalau RSBI antara 28 s/d 30). Kevin SDnya 38 orang dan SMP 30 orang.
    Demikian Om laporannya, mohon petunjuk lebih lanjut.
    he3x…… :)

  29. Di Seskoad ada klas kecil (sindikat), klas sedang dan klas besar (klas besar untuk kuliah umum misalnya ceramah dari Menteri)

    Klas kecil paling sering karena menggunakan metode diskusi. Jumlah satu sindikat maksimal 15 sehingga semua pasis bisa aktif.

    Ketika saya sekolah di DSSC-India juga seperti ini model klasnya.

    Salam hangat dari Surabaya

  30. waktu saya SD jumlah siswanya 42 org –> fine-fine aja
    SMP 42 0rg
    SMU 48 org –> menurut saya kebanyakan jd saya merasa krg diperhatikan sm gurunya hehe…
    Kuliah, kls bahasanya skitar 12-18 org –> efektif banget buat kls bahasa, dibentuk letter U gitu, ngga ada tempat sembunyi di balik punggung temen hehe…

    skrg di tempat saya ngajar, 1 kelas rata-rata 12 orang. Kecuali permintaan membludak maka bs sampai 14-16 orang :)

  31. untuk sekolah-sekolah dilingkungan perumahan padat mungkin murid bisa banyak jadi ok lah berapa yang edial….. tapi untuk sd/mi di pinggiran sekarang jumlah muridnya sedikit karena pengaruh program kb mungkin, sedapatnya aja….. bahkan saling bersaing untuk dapat murid antar sd yang berdekatan…….

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s