Diposkan pada PERTUNJUKAN HARI INI

KIOS BUKU “BATUBARA” …


Sudah lama sebetulnya aku ingin membeli buku heboh yang bertajuk “Ayat-ayat Cinta”. Tidak tahan dengan kehebohan pemberitaan dan pembicaraan mengenai novel ini …. Aku tergerak untuk segera membeli buku tersebut.
Baru kemarin Hari Sabtu 16 Feb 2008, aku berkesempatan untuk membeli Buku itu. Buku tersebut aku beli dalam perjalanan pulang dari Bandara Cengkareng ke rumah ku …
Hmmm dalam hati aku berfikir … Rasanya mungkin akan enak sekali beristirahat panjang sambil menikmati novel tersebut setelah seminggu penuh aku mengikuti acara Working Session dan Conference perusahaanku di Nusa Dua Bali. Acaranya padat dan melelahkan. Dalam perjalanan pulang ke rumah aku menyempatkan untuk mampir di toko buku langgananku.

Aku minta Sopir Taxi Gamya yang mengantarku untuk menunggu …
”Tiga menit pak … nggak lebih … !!!. Aku lihat dia agak cemberut karena dia rupanya mengejar waktu untuk kembali ke poolnya sebelum pukul 12 siang. (Udah tau mau setor kok masih narik penumpang … begitu pikir ku dalam hati …).

Saat itu waktu menunjukkan pukul 10.30 … !!! (Aku naik pesawat jam 8 waktu Denpasar sampai di Cengkareng jam 8.45 waktu Jakarta).
Dia mungkin mengira aku akan lama di toko buku kecil itu (tepatnya kios) di sebuah kompleks perumahan dosen Universitas Islam terkemuka di negeri ini. Dia juga mungkin belum tau bahwa sebetulnya rumah ku hanya 10 menit dari toko buku itu …
Kelihatan sekali sopir itu cemas. Senyumnya pun terlihat seperti seringai yang dipaksakan.
Cepat aku menuju tempat display buku itu, dan membayarnya. Aku tau persis letaknya karena hampir setiap Sabtu aku pasti mengunjungi kios buku tersebut, sambil menunggu anak-anak ku yang ikut ekstra kurikuler tiap sabtu. Sekolah anak ku juga tidak jauh dari kios buku tersebut.

“Mau disampul pak ?” (Kios buku kecil tapi lengkap ini memang menerapkan layanan tambahan untuk menyampul plastik setiap buku yang kita beli …). Memang top kios buku ini … harganya murah, koleksi relatif lengkap plus layanan sampul gratis.

“Tidak usah … saya buru-buru nih … ditunggu taksi ..”
“Tumben …” si Mas penjaga kios berujar sambil menyodorkan Ball Pen.
(Ini juga kebiasaanku yang dia sangat hafal … aku pasti menandatangani buku yang aku beli dan sudah disampul Rapi …)
“Wah kali ini aku gak tanda tangan mas … nanti Sopir taksinya makin mendelik tuh … “(Si Mas tertawa mendengar jawabanku, sambil cepat-cepat memasukkan buku “Ayat-ayat Cinta ke dalam tas kresek Hitam)
“Eh iya boss … “Maryamah Karpov” nya masih belum ada tuh … katanya sih masih agak lama terbitnya…” (ahaaa dia juga hafal ada buku yang selalu aku tanyakan tetapi sampai saat ini belum aku dapatkan …)(sekali lagi dua jempol buat dia, hafal bener kebiasaanku)(Aku jadi merasa diperlakukan seperti pelanggan penting …)

Hehehe … setelah sampai di Rumah ku barulah Sopir itu bisa santai … (oh iya … sepanjang perjalanan tadi Sopir Taxi Gamya ngebut choy … )(untung Sabtu … jalan kosong).
Itu sebabnya pula aku memutuskan untuk tidak mampir ke sekolah anakku untuk mengecek apakah mereka mengikuti ekstra kurikuler Sabtu itu atau tidak … Takut di pelototin … (Aneh ya … penumpang malah mengikuti kemauan Sopir Taxi ???)
(Asal ente tau aja ya … Aku juga nyopir Choy … jadi semua waktu udah aku perhitungkan … ini cuma aku ucapkan dalam hati saja …)(percuma ribut … itu hanya akan menghilangkan seleraku untuk segera menikmati novel laris yang baru saja ku beli ini ..)

Oh iya sampai lupa … nama kios buku tersebut adalah Kios Buku “Batubara”. Karena terletak dilingkungan kampus dan kompleks perumahan (plus kos-kosan mahasiswa) sudah bisa ditebak bahwa koleksi buku yang mereka punya tidak jauh dari buku-buku referensi kuliah para mahasiswa Universitas Islam tersebut. Kios ini selalu ramai aku liat.

Yang akan aku catat adalah bahwa sekalipun hanya Kios Buku Kecil tetapi menurut hematku patut di acungi jempol … karena telah menerapkan prinsip-prinsip manajemen kepuasan pelanggan yang sangat jitu.
Letak Strategis, Harga Murah, Koleksi Lengkap, baik Buku untuk Umum maupun rujukan Kuliah, Pelayanan Ramah … dan juga mereka tau betul kebiasaan, kesukaan dan kebutuhan dari para Pelanggannya … !!!(plus layanan tambahan sampul plastik gratis tentunya )

Bandingkan dengan Pelayanan Sopir Taxi Gamya tersebut … !!! …
Di mata sopir taksi tersebut Aku tak lebih dari Paket Karung beras yang harus diantarkan ke Pasar Induk … !!!

Penulis:

I am just an ordinary person who work as a trainer. who wants to share anything he knows ... No Matter how small ... No Matter how simple.

2 tanggapan untuk “KIOS BUKU “BATUBARA” …

  1. Kios ini juga langgananku waktu kuliah dulu.
    Diskonnya masih 15% ya, Bos?
    Memang toko ini top banget deh….
    Kepingin juga sekali-kali main ke toko buku ini buat nostalgia.
    He he…

any comments sodara-sodara ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s