Diposkan pada MY FAMILY, Si Sulung

GURU ANAKKU

 

(Postingan ini ditulis … Masih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 35 Sekolah Anak-anakku)

 

Anak-anakku semua bersekolah di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.  Ini terletak di perumahan Dosen UIN Jakarta.

 

Pada tahun 1964 s/d 1975 Trainer kecil pernah tinggal dikompleks perumahan dosen tersebut.  Sangat berdekatan lokasinya dengan sekolahan itu.  Maka tidak heran jika banyak teman-teman sepermainan masa kecilku yang akhirnya memilih menjadi guru yang mengajar disekolah itu, bertugas mengabdi di Madrasah tersebut …  Ya … rupanya mereka memilih yang praktis saja … bekerja di tempat yang tidak jauh-jauh dari tempat tinggal keluarga mereka.

 

Ada satu orang guru si Sulung di Tsanawiyah, sebut saja namanya Ibu EH.  Beliau adalah teman masa kecilku dulu … kita sekelas waktu jaman di SD dulu.

 

Ketika aku menjemput Si Sulung di Sekolah … pada suatu hari Sabtu … Aku dan Ibu EH bertemu secara kebetulan dan bertegur sapa di halaman sekolah …  Dan namanya juga teman Lama … maka … Kami pun berbincang persis seperti dulu ngobrol jaman kecil … Ya … Kami main panggil nama saja … juga sebutan akrab ”elu – gua” … (Namanya juga teman masa kecil kan …???)

 

”He NH apa kabar lu …, anak lu sekolah disini ya …”

”Eh …  Elu Ha’ … iya anak gua sekolah disini … Elu apa kabar … ??? gua denger ngajar disini ya … pegang pelajaran apa Ha …”

”Iya Gua ngajar IPA disini … Elu tinggal dimana sekarang … kerja dimana luh  …”

 

Dst .. dst … kangen-kangenan … nostalgia layaknya teman lama …

 

Dan lucunya … Bu EH langsung bisa menebak …

 

”Bentar-bentar NH  … gua tebak … Anak lu namanya Yudhistira bukan ? kelas 9 D kan ???

”Iya … kok elu tau ???? (Aku surprais … heran kok dia bisa tau …)

”Ya jelas tau lah … orang mukanya persis banget … plek ketiplek kayak Elu dulu …hahaha ”

”Hahahhaa …bisa aja luh.  BTW anak gua gimana ??? … nggak nakal kan … hehehe ??? ”

 

Dan kita cekakakan … terus asik ngobrol … bicara ngalor ngidul …

Dan ketika si Sulung muncul … langsung kita menyadari bahwa posisi kita sudah berbeda … dia guru anak ku … sementara aku orang tua siswa …

 

Langsung sontak kita switch frekuensi … rada formal …(Jaim.mode.on) …

 

 

”Ibu EH … mmm maaf Ibu,  kami mau permisi dulu ya Bu …Assalamu’alaikum(aku mengucap salam sambil membungkuk sopan). (Si Sulung pun salam takzim khas anak murid kepada gurunya … menempelkan tangan ibu gurunya ke dahinya)

”Oh iya Pak … silahkan pak …Wa’alaikum salam ” (kata Bu EH sambil tertawa tertahan ….)

 

Akhirnya begitulah … Dalam perjalanan pulang … Aku bilang wanti-wanti sama si Sulung … ”Mas Tyo … Ibu EH itu dulu temen ayah waktu SD … kamu nilai IPAnya harus bagus lho ya …”

Dan aku tambahkan lagi …”… kamu jangan malu-maluin Ayah ya …!!!”

Dan Mas Tyo pun protes … ”Lho kok gitu Yah ???, emang kenapa …??”

 

Huahahaha …. iya juga ya … apa hubungannya coba … Kok si Anak jadi kena beban mental begini …!!!

 

(Ya iyalah … jangan sampe Bu EH nanti bilang … IIhh bapaknya dulu pinter … kok nilai IPA anaknya dodol …)

(aku kan nanti malu …)(hehehe).

(Untungnya mas Tyo selama ini selalu 10 terbaik di kelas …)(hah ….  aman … aman….)

.

.

.

Diposkan pada PERTUNJUKAN HARI INI

TAKBIR DI LAPANGAN BASKET

Minggu 2 Maret 2008

Pagi ini saya datang ke acara perayaan ulang tahun ke 34 sekolah anak-anak saya … Sebuah Perguruan Madrasah di tengah kompleks Universitas Islam Negeri di selatan Jakarta … (sudah masuk Tangerang sebetulnya …).  Madrasah ini komplit … ada tingkat Ibtidaiyah (SD), Tsanawiyah (SMP) dan sejak 2 tahun lalu dibuka pula tingkat Aliyahnya (SMU) …

Ada banyak acara disana … ada Bazaar, ada lomba menggambar, pembagian hadiah / piala kejuaraan, santunan anak yatim, panggung pertunjukan dan juga pertandingan Final Basket antar sekolah menengah tingkat pertama/tsanawiyah … 

Saya mengantar anak bungsu saya mengikuti lomba menggambar tingkat Ibtidaiyah.  Karena orang tua tidak boleh masuk di ruang lomba … maka jadilah saya berjalan-jalan melihat keramaian diseputar Sekolah … (BTW Anak pertama dan kedua saya yang juga bersekolah disini … sibuk sendiri-sendiri … melihat-lihat di stand bazaar buku dan Makanan ) (Bagaimana dengan Bundanya … ? …. sibuk juga memilih-milih di stand … pakaian muslim …)(hehehe) 

Perhatian saya lebih tertarik ke lapangan Basket … karena disana sangat ramai.

Rupanya ini adalah pertandingan Final Basket Putra antar SLTP & Tsanawiyah … Kebetulan tuan rumah (sekolah anakku itu) … masuk final … bertanding melawan sebuah sekolah Islam elit terkemuka di Pondok Labu … memperebutkan juara 1 dan 2. 

Saya senang sekali melihat penampilan pemain-pemain Basket muda itu … wajah mereka ganteng-ganteng dan bersih-bersih … wajah anak-anak kota masa kini …

Seragam mereka pun sangat warna-warni dan bagus … bak pemain NBA di Amrik sana …

Sepatunya ??? … wah … keren abis … Reebok, Nike, Converse dan merek-merek mahal lainnya … aku sempat lihat di PI Mall … harganya bisa sampai Sejuta lebih …

Aku lihat mereka sedang melakukan lay-up pemanasan … sangat cekatan sekali … gayanya sangat indah … sungguh berbakat anak-anak ini …  

Ketika pertandingan akan dimulai … seperti layaknya Tim-tim basket umumnya … masing-masing memulai dengan berhimpun di satu lingkaran … menumpukkan tangan satu sama lain … berdoa … lalu berteriak … memekikkan yel-yel untuk saling menyemangati … biar kompak … !!!

Biasanya (yang pernah aku lihat) … berbunyi … “GO-GO-GO” atau “JAYA …!!!” atau “GO-FIGHT-WIN“ atau just simply … “HHHOOOYYY ”  atau “YYYEEEESSS …!!!” 

Namun Anak-anak ini berbeda … kedua tim (yang kebetulan berasal dari sekolah Islam)  … memekikkan yel-yel yang bagi saya agak lain dari biasanya … Pekiknya adalah … “EM-PE … ALLAHU AKBAR !!!” yang satu nya …”AL IZHAR … ALLAHU AKBAR !!!” 

(hhhmmm sejuk hari saya … anak-anak ini muda, modern, cool, penampilan keren … dan … ISLAMI … memulai Permainan Basket mereka dengan memekikkan TAKBIR ) 

(Saya kurang memahami bagaimana hukum sejatinya … bolehkah kita bertakbir ketika akan memulai suatu pertandingan olah raga … )(Namun hati kecil saya yang fakir ini berkata … sepertinya sih It’s OK-OK aja … !!! )